Ingin Hindari Kemacetan, Ini Rute Jalan Alternatif di Sukabumi bagi Pemudik -->

Iklan Atas

Ingin Hindari Kemacetan, Ini Rute Jalan Alternatif di Sukabumi bagi Pemudik

Kamis, 20 April 2023

 

Satlantas Polres Sukabumi melakukan pemasangan spanduk arah menuju jalan alternatif di jalur utara Sukabumi. 


Sukabumi - Puluhan ribu kendaraan pemudik keluar dari Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) akan dialihkan ke beberapa jalan alternatif. Pengalihan ini untuk mengurangi kemacetan di sepanjang jalur Sukabumi utara.


Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede mengatakan, berdasarkan hasil pantauan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi, volume kendaraan sudah mulai meningkat terhitung mulai Rabu, 19 April 2023. Tercatat 10.943 unit kendaraan masuk dari wilayah Jabodetabek ke Sukabumi, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Sudah terpantau ada peningkatan arus kendaraan dari Bogor masuk ke Kabupaten Sukabumi baik itu dari pintu keluar Tol Cigombong maupun dari exit tol fungsional Parungkuda. Untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang akan dilalui pemudik, kami melakukan rekayasa lalu lintas," ujar Maruly kepada iNews.id, Kamis (20/4/2023).


jika ada kendaraan dari Bogor melalui exit Tol Cigombong, lanjut Maruly, untuk mengurangi kepadatan kendaraan dan penumpukan di Pasar Cicurug, Satlantas Polres Sukabumi akan mengarahkan kendaraan tersebut, untuk melewati ke jalan alternatif Tenjoayu, Cicurug dan keluar di jalan alternatif Cipanggulan, Parungkuda.


"Kemudian jika ada kendaraan yang keluar dari exit Tol Parungkuda, untuk mengurangi kepadatan di Pasar Terminal Cibadak, kami arahkan sebagian kendaraan masuk jalan alternatif Simpang Nagrak keluar Simpang Karangtengah," ujar Maruly.


Lebih lanjut Maruly mengatakan, kendaraan dari Sukabumi menuju Bogor juga terpantau sudah ada peningkatan arus kendaraan. Untuk mengurangi kepadatan di Pasar Cibadak, pihaknya mengarahkan sebagian kendaraan masuk jalan alternatif Simpang Karangtengah dan keluar Simpang Nagrak selanjutnya masuk tol fungsional gate Tol Parungkuda.


"Saat ini, Satlantas Polres Sukabumi sudah memasang spanduk petunjuk arah jalan alternatif di sejumlah titik agar para pengendara dari arah Bogor menuju Sukabumi ataupun sebaliknya bisa menghindari kemacetan," ujar Maruly.(*)