Israel Kembali Serang Suriah, Hantam Target Militer -->

Iklan Atas

Israel Kembali Serang Suriah, Hantam Target Militer

Minggu, 09 April 2023

 

Israel kembali melancarkan serangan udaranya ke Suriah.




Damaskus- Israel kembali melancarkan serangan udaranya ke Suriah, Minggu (9/4/2023). Suara ledakan terdengar di sekitar ibu kota Damaskus.  Militer Israel mengatakan, jet tempurnya meluncurkan serangan ke target militer Suriah sebagai balasan atas enam roket yang diluncurkan ke Dataran Tinggi Golan pada malam sebelumnya. 


"Serangan artileri dan pesawat tak berawak menghantam peluncur roket dan diikuti oleh serangan udara terhadap kompleks tentara Suriah, sistem radar militer dan pos artileri," kata militer Israel.  Pasukan Pertahanan Israel dalam sebuah pernyataan mengatkan, Suriah harus bertanggung jawab atas semua aktivitas yang terjadi di dalam wilayahnya. Israel juga tidak akan mengizinkan upaya apa pun yang melanggar kedaulatan negara. 


Sebelumnya, sirene terdengar di dekat kota-kota di Dataran Tinggi Golan saat roket diluncurkan dari wilayah Suriah. Dilaporkan tidak ada kerusakan atau korban dalam serangan itu, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Hanya tiga roket yang melintasi wilayah yang dikuasai Israel, dengan dua jatuh di tanah terbuka dan yang ketiga dicegat oleh sistem pertahanan udara," kata militer.


Israel sendiri merebut Dataran Tinggi Golan dalam perang Timur Tengah tahun 1967 dan mencaplok wilayah seluas 1.200 km persegi pada 1981. Itu menjadi langkah yang tidak diakui oleh sebagian besar masyarakat internasional.


TV Al Mayadeen yang berbasis di Lebanon mengatakan, serangan roket diklaim oleh Brigade Al-Quds, sayap bersenjata gerakan Jihad Islam Palestina yang didukung Iran.


Sementara itu, media pemerintah di Suriah melaporkan, ledakan terjadi di sekitar ibu kota Damaskus.  Kementerian Pertahanan Suriah mengatakan, pertahanan udaranya telah berhasil mencegat beberapa rudal Israel. Tidak ada korban yang dilaporkan namun sejumlah kerusakan material terjadi akibat serangan itu.(*)