Jumlah Kursi Dapil Padang Panjang Berubah -->

Iklan Atas

Jumlah Kursi Dapil Padang Panjang Berubah

Rabu, 12 April 2023

 

.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Jumlah kursi DPRD untuk Dapil Padang Panjang 1 dan Padang Panjang 2 berubah pada Pemilu 2024.


Daerah pemilihan di Kota Padang Panjang dibagi dua. 


Dapil 1, Kecamatan Padang Panjang Barat sebelumnyanya memiliki 12 kursi, pada Pemilu 2024 berkurang satu kursi atau menjadi 11 kursi. 


Sedangkan kursi Dapil 2 Kecamatan Padang Panjang Timur yang bertambah dari sebelumnya pada pemilu legislatif mebdatang menjadi 9 kursi. 


Perubahan pembagian kursi DPRD itu disampaikan Ketua KPUD Padang Panjang, Okta Novisyah, S. Pd.I dalam sosialisasi bertajuk “Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu 2024“, Rabu (12/4) bagi media pers di salah satu hotel di Kelurahan Silaing Bawah. 


Menurut Okta, erubahan kursi ini sudah disosialisikan kepada partai politik peserta Pemilu 2024.


Kota Padang Panjang terdiri dua kecamatan dan 16 kelurahan. Delapan kelurahan di Bart dan 8 kelurahan dinTimur. 


Jumlah pemilih di Kota Padang Panjang tercatat 43.598 orang. Terdiri dari Padang Panjang Barat 24.871 pemilih dan Padang Panjang Timur 18.727 pemilih. 


Pemilih akan memberikan memberikan suara di 195 TPS (Padang Panjang Barat 112 TPS dan Padang Panjang Timur 84 TPS) ditambah satu TPS khusus di RSUD. 

.

Menurut Okta, kini Daftar Pemilih Sementara (DPS) sudah disebarluaskan di berbagai tempat di kelurahan hingga ke tingkat Rukun Tetangga (RT). 


Tampil sebagai narasumber dalam sosialisasi ini Nofiendi Sikumbang dari KPID Sumbar dan Hari Azhari dari KPUD Padang Panjang dengan moderator Ampera Salim (Kadis Kominfo Padang). (syam)