Korut Uji Coba Drone Bawah Air Berkemampuan Nuklir, Menjelajah 1.000 Km dalam 71 Jam -->

Iklan Atas

Korut Uji Coba Drone Bawah Air Berkemampuan Nuklir, Menjelajah 1.000 Km dalam 71 Jam

Sabtu, 08 April 2023

 

Korut menguji coba drone serang bawah air berkemampuan nuklir, Haeil-2 



Seoul - Korea Utara (Korut) menguji coba drone serang bawah air berkemampuan nuklir. Uji coba ini diumumkan lebih dari sepekan setelah negara itu mengungkap senjata serupa yang diberi nama Haeil-1.


Haeil berarti tsunami dalam bahasa Korea. Senjata tersebut diklaim mampu menciptakan tsunami radioktif seperti namanya. Sementara itu drone serang terbaru yang diuji coba diberi nama Haeil-2. Senjata ini dirancang untuk melakukan serangan senyap di perairan musuh, sebagaimana dikutip iNews.id.


Kantor berita KCNA melaporkan, drone menjalani uji coba strategis bawah air pada 4 hingga 7 April. Hasilnya drone mampu menempuh jarak 1.000 km di bawah air selama 71 jam 6 menit kemudian berhasil mencapai target.


“Uji coba itu membuktikan dengan sempurna keandalan sistem senjata strategis bawah air dan kemampuan serangan fatalnya,” bunyi laporan KCNA, seperti dilaporkan kembali Reuters, Sabtu (8/4/2023).


Para pengamat mengatakan Korut memamerkan berbagai senjata yang punya kemampuan nuklir, termasuk rudal. Ini untuk menunjukkan kepada Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) yang juga tengah mempersiapkan militer mereka menghadapi ancaman nuklir Korut. 


Salah satu yang ditunjukkan pula adalah hulu ledak nuklir baru yang lebih kecil. Selain itu Kotut juga menembakkan rudal balistik antarbenua yang mampu menjangkau seluruh daratan AS.


Korut meningkatkan aktivitas militer dalam beberapa pekan terakhir guna memprotes latihan perang gabungan AS, Korea Selatan, dan Jepang. (*)