KPU Agam Tetapkan Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2024 -->

Iklan Atas

KPU Agam Tetapkan Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2024

Rabu, 05 April 2023

 

Ketua KPU Kabupaten Agam Riko Antoni memberikan sambutan dalam rapat pleno penetapan daftar pemilih sementara

Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Agam menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu 2024 di aula Bapeda Kabupaten Agam, Lubuk Basung Rabu (5/3).


Ketua KPU Kabupaten Agam Riko Antoni mengatakan, rapat pleno terbuka digelar secara berjenjang ditingkat nagari, kecamatan  masing-masing oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).


"Sebelumnya terlebih dahulu telah dilakukan pleno penetapan daftar pemilih sementara ditingkat nagari dan kecamatan, dan hari ini pleno penetapan ditingkat kabupaten," kata Riko  Antoni.


Lebih lanjut dalam sambutannya Riko Antoni menyampaikan pelaksanaan pendataan hari ini, berbeda dengan tahun sebelumnya.


 "Dalam pelaksanaan pendataan kita menggunakan metode berbeda dari tahun sebelumnya. Pendekatan  dilakukan secara de jure bukan lagi secara de facto," ungkapnya


Hasil rapat pleno penetapan daftar pemilih sementara ini, nantinya akan di umumkan ditengah masyarakat, untuk mendapatkan masukan dan tanggapan tentang perubahan daftar pemilih, untuk dijadikan  daftar pemilih tetap.


 Berdasarkan Daftar pemilih tetap itu juga akan bisa menentukan  berapa jumlah surat suara yang harus tersedia." Ujar ketua KPU Agam itu


Rapat pleno penetapan daftar pemilih sementara yang dihadiri forkopinda kabupaten Agam, KPU, Bawaslu, PPK, ketua partai serta undangan lainnya menetapkan rekapitulasi daftar  pemilih sementara (DPS) Kabupaten Agam sebagai berikut :


Total pemilih berjumlah 391.865 orang terdiri dari laki-laki 195.328, Perempuan 196.537 dengan jumlah TPS 1721, dengan jumlah desa 92 dari 16 kecamatan.


Dalam rapat itu juga  KPU Kabupaten Agam menerima masukan data dari Bawaslu  Kabupaten Agam berupa,KPU memastikan penepatan pemilih yang lebih dari 300 agar tidak jauh dari TPSnya agar partisipasi tidak turun. 


KPU memastikan semua orang telah terdata benar, dan KPU meningkatkan partisipasi masyarakat dengan melaksanakan sosialisasi.(Yanto)