KPU Agam Sosialisasikan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD -->

Iklan Atas

KPU Agam Sosialisasikan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD

Selasa, 11 April 2023
Ketua KPU Kabupaten Agam Riko Antoni



Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam melakukan sosialisasi Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota  di aula Bapeda Agam, Padang Baru, Lubuk Basung, Selasa (11/4).


Acara dihadiri oleh Bupati Agam yang di wakili ole Kepala Badan Kesbangpol Budi Perwira,juga diikuti anggota KPU Kabupaten Agam, unsur Forkopinda, Pengurus Partai, Organisasi Masyarakat, jurnalis dan para Tokoh Masyarakat Kabupaten Agam.


Disampaikan oleh DiVisi Teknis  KPU Agam Zainal Abadi, bahwa kegiatan ini merupakan upaya dari KPU Kabupaten Agam dalam rangka mensosialisasikan pentingnya dapil dalam tahapan Pemilu yang akan digelar di tahun 2024.


Zainal Abadi juga mengatakan, bahwa Dapil merupakan medan pertempuran bagi para peserta Pemilu, baik bagi partai politik maupun calon legislatif untuk memperoleh suara sebanyak-banyaknya agar mendapatkan kursi di Pemilu mendatang.


Menurut Zainal, Dapil menjadi dasar  bagi partai politik dalam menyusun para caleg, sehingga sosialisasi Dapil ini, juga berperan untuk mengenalkan masyarakat terhadap calon pemimpin daerah masing-masing.


“Malalui Sosialisasi ini, kami harapkan, pemilih tidak hanya mencoblos saja. Namun setelah mencoblos juga aktif dalam mengawal janji-janji kampanyenya didapilnya masing-maisng,” harap Zainal


“Sosialisasi pemilihan Dapil ini sangatlah penting, sehingga masyarakat akan mengetahui siapa saja nanti yang akan mewakili daerahnya pada Pemilu Tahun 2024 mendatang,” terang Zainal


Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Agam Riko Antoni mengatakan,tujuan kegiatan ini  dilaksanakan dalam rangka bagaimana menyebarluaskan informasi ketengah masyarakat, agar masyarakat mengetahui daerah pemilihan mereka dan mengetahui sebaran kursi didaerah pemilihannya.


"Sosialisasi ini kita laksanakan agar informasi bisa tersampaikan ketengan masyarakat tentang daerah pemilihannya, dan jumlah keterwakilan (kursi) dari daerah pemilihan masing- masing, karena pemilihan ini berbasis kecamatan," ucapnya


Jadi setiap warga di kecamatan ataupun masyarakat bisa mengetahui daerahnya termasuk daerah pemilihan mana, termasuk berapa kursi yang tersedia untuk daerah mereka." Tukas Ketua KPU Agam itu


Dengan alasan tersebut makanya kegiatan ini melibatkan banyak unsur, harapan nantinya sosialisasi ini bisa diteruskan secara masif ditingkat masyarakat,"harapannya


Dalam pelaksanaan pemilu serentak 2024 nantinya diharapkan partisipasi masyarakat yang sangat tinggi sebagai bentuk dukungan terhadap proses penyelenggaraan pemilihan umum kedepannya.


Diharapkan dengan adanya pesta pemilihan umum ini, tidak menimbulkan perpecahan ditengah masyarakat, justru dengan adanya pemilihan umum ini dijadikan sarana untuk mempererat dan menjaga keutuhan bangsa dan negara.(Yanto)