BPOM Kunjungi Pasar Pabukoan Di Pariaman, Ternyata Hasilnya Mencengangkan -->

Iklan Atas

BPOM Kunjungi Pasar Pabukoan Di Pariaman, Ternyata Hasilnya Mencengangkan

Kamis, 06 April 2023

Petugas BPOM Padang, Sumatra Barat saat turun di Pasar Pabukoan Balai Kurai Taji untuk memeriksa apakah makanan yang dijual ada mengandung zat berbahaya.
Foto Heri 





Kota Pariaman
- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang, Sumatra Barat pantau lansung lokasi pasar pabukoan di Pariaman dan Balai Kurai Taji untuk memastikan makanan dan minuman bebas dari zat berbahaya agar sehat dikonsumsi oleh masyarakat di bulan suci ramadhan. Kamis, 6/04/2023. 



Kepala BPOM Padang, Abdul Rahim saat dimintai keteranganya menyebutkan timnya sudah mengambil sebanyak 31 sampel jenis makanan baik diproduksi dirumah maupun melalui pabrikan. Setelah dilakukan tes uji di labor, dinyatakan aman dari bahan pengawet , boraks, formalin dan bentuk bahan berbahaya lainya. 




“Kegiatan ini adalah dalam rangka melindungi masyarakat dari pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan khususnya dalam bulan Ramadhan,” ujar Abdul Rahim


Dalam pengawasan, Tim BBPOM di Padang juga melakukan edukasi kepada para pedagang takjil dan makanan terkait penerapan keamanan pangan yang aman serta tidak menggunakan bahan berbahaya yang disalahgunakan.


Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Alyendra kepada awak media menyebutkan kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan bekerjasama dengan Dinas kesehatan, Satpol-PP, Kejaksaan, Polres dalam pemeriksaan makanan di bulan Ramadhan 1444 H. 


Dalam kegiatan tersebut tempat-tempat yang dikunjungi diantaranya pasar pabukoan Pariaman, dan Pasar Pabukoan Balai Kurai Taji. Adapun beberapa sampel makanan yang sengaja diambil untuk uji dilabor oleh BPOM, apakah ada memakai zat pewarna langsung diperiksa di mobil Labor.



Alhamdulilah seluruh makanan dipasar pabukoan Pariaman tidak ada ditemukan zat berbahaya dan aman untuk dikonsumsi masyarakat. Ulas, Alyendra Kadis Koperindag Kota Pariaman.


  


Ia menghimbau kepada seluruh pedagang agar selalu memastikan makanan yang dijual aman dan sehat dikonsumsi oleh masyarakat yang berbelanja, dengan harapan pasar pabukoan semakin ramai dikunjungi pembeli karena telah teruji dan diawasi kualitas makanannya dari tim keamanan pangan Badan POM Padang, Sumatra Barat. (Heri