KWT Harapan Bunda Kelurahan Napar Diusulkan Sebagai Penerima Bantuan Hibah -->

Iklan Atas

KWT Harapan Bunda Kelurahan Napar Diusulkan Sebagai Penerima Bantuan Hibah

Rabu, 12 April 2023
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Rabu tanggal 12 April 2023 KWT Harapan Bunda Kelurahan Napar menerima kunjungan Tim Verifikasi Dinas Ketahan Pangan Provinsi Sumbar. Tim turun ke lapangan didampingi Lurah Napar, Ketua PKK, Ketua KWT beserta pengurus dan juga didampingi oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh. 


Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melihat langsung kelokasi kebun KWT serta memeriksa kelengkapan administrasi kepengurusan. Selain itu juga diberikan Sosialiasi oleh Bpk. Syamsu Akmal (Analis Ketahanan Pangan Prov. Sumbar) tentang Petunjuk Teknis Program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) sehingga bantuan hibah yg akan diturunkan sebesar Rp 50.000.000,- tepat sasaran dan berdayaguna bagi masyarakat khususnya anggota KWT Harapan Bunda Kel. Napar Kec. Payakumbuh Utara. 


Pencairan Dana Hibah tersebut akan dilakukan dengan II tahap, untuk tahap pertama Rp 25.000.000,- yang akan dipergunakan untuk membangun rumah bibit dari baja ringan Rp. 15.000.000,- serta juga diperuntukan untuk pengelolaan Deplot/Lokasi Kebun KWT Rp. 10.000.000,- seperti pembelian bibit, polibag, pupuk dll. 


Sedangkan untuk pencairan Tahap kedua Rp 25.000.000,- akan dipergunakan untuk pemanfaatan lahan Pekarangan Rumah anggota Rp. 23.500.000 guna membuat media tanam, pembelian bibit, polibeg, pupuk dll, kemudian juga untuk pengadaan alat2 pasca panen sebanyak Rp 1.500.000,- 


Lurah Napar Alrinaldi menyambut baik bantuan hibah yang akan diturunkan ini. Sebelumnya kami memang telah mengajukan Proposal pada Bpk. Gubernur Cq Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Sumbar, karena kami liat program KRPL sangat sejalan dengan program yang sedang gencar gencarnya digalakkan oleh Bpk Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda yaitu pengentasan kemiskinan extrim dan penurunan inflasi. Dengan adanya hibah ini tentu ibuk-ibuk anggota KWT lebih semangat lagi menanam yang mana sebelumnya KWT Harapan Bunda ini juga telah berhasil panen beberapa kali dan hasilnya dibagikan pada anggota, hal tersebut tentu sangat bermanfaat membantu perekonomian, mencegah kemiskinan extrim dan penurunan inflasi di Kota Payakumbuh khususnya Kel. Napar. 


Selain itu Lurah Napar juga akan membantu baik dalam bentuk administrasi ataupun pendampingan di lapangan sehingga bantuan hibah ini dapat dicairkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumbar secepatnya. Nanti setelah dana hibah cair juga akan kami bantu kawal agar dana digunakan sesuai peruntukannya sebagaimana yang telah diatur oleh Petunjuk Teknis yg ada. Kami sangat berharap KWT Harapan bunda ini akan berkembang lebih baik lagi setelah menerima bantuan hibah tersebut, kita juga akan upayakan ikut lomba dan semoga kedepan mendapatkan Penghargaan Nasional "Adi Karya Pangan Nusantara", semangat beliau. 


Sementara itu Ketua KWT Harapan Bunda Ibuk Mildawati juga sangat antusias dengan adanya Program Bantuan Hibah ini, beliau bersama anggota akan mengupayakan semaksimal mungkin melengkapi segala sesuatu guna mendukung segera turunnya bantuan hibah tesebut. Saat ini Kebun kita sudah ditanami berbagai tanaman cepat panen seperti: tomat, bawang, terung, saladri, kangkung, cabe, selada, dll. Luas kebun lebih kurang 150M bujur sangkar merupakan lahan pinjaman dari anggota. Mohon selalu arahan petujuk dari Bpk. Lurah, Ibuk Ketua PKK dan Pendamping dari Dinas Ketahan Pangan agar KWT kita ini dapat  berkembang dan memberikan manfaat lebih baik lagi kedepanya.(ul)