Lagi, AS Klaim Bunuh Pemimpin Senior ISIS dalam Serangan Helikopter di Suriah -->

Iklan Atas

Lagi, AS Klaim Bunuh Pemimpin Senior ISIS dalam Serangan Helikopter di Suriah

Selasa, 18 April 2023

 

ISIS Suriah.




Beirut- Serangan helikopter Amerika Serikat (AS) di Suriah utara menewaskan seorang pemimpin senior ISIS. Dia dituduh merencanakan serangan di Timur Tengah dan Eropa.  Pentagon dalam sebuah pernyataan mengatakan, serangan dilancarkan pada Senin (17/4/2023) dan menargetkan Abd-al-Hadi Mahmud al-Haji Ali. Serangan dilancarkan setelah intelijen melaporkan ISIS berencana menculik pejabat di luar negeri.


"Meskipun terdegradasi, ISIS (Negara Islam) tetap dapat melakukan operasi di kawasan dengan keinginan untuk menyerang di luar Timur Tengah," kata Jenderal Michael Kurilla, yang mengepalai Komando Pusat AS, dalam pernyataan sebelumnya. Dua orang bersenjata lainnya dilaporkan tewas dalam serangan itu. Tidak ada warga sipil yang terluka, sebagaimana dikutip iNews.id.


Menurut CENTCOM bertanggung jawab atas perencanaan serangan di Eropa dan Turki, pasukan AS membunuh pemimpin senior ISIS lainnya, Khalid 'Aydd Ahmad al-Jabouri, dua minggu lalu. ISIS pernah menguasai sepertiga Irak dan Suriah pada puncaknya di tahun 2014. Meskipun dipukul mundur di kedua negara, militannya terus melancarkan serangan pemberontak.(*)