Masjid Jami' Nurul Huda Santuni 70 Anak Yatim -->

Iklan Atas

Masjid Jami' Nurul Huda Santuni 70 Anak Yatim

Senin, 10 April 2023
Suasana buka puasa bersama anak yatim di Masjid Jami' Nurul Huda, Silaing Bawah, Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Masjid Jami' Nurul Huda, Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat kembali menyerahkan santunan lebaran Idulfitri kepada 70 anak yatim.


Seluruh anak yatim berasal dari RT 1, RT 10 dan RT 22 SilaingBawah. Kegiatan ini dipadukan dengan kegiatan berbuka puasa bersama anak yatim, jemaah masjid dan pengurus, termasuk mengundang warga sekitar masjid, Sabtu (8/4).


Ketua Pengurus Masjid, Ustaz Ade Sehabuddin, M.MPd mengatakan,  berbuka puasa ini turut hadir Camat Padang Panjang Barat, Fiori Agustian, S.IP, Lurah Silaiang Bawah, Yohanes Alatumahu, S.H, dan orang tua atau wali yatim. 


Kegiatan diawali dengan silaturahmi dan evaluasi pembinaan antara anak yatim, orang tua dan penyuluh agama Kantor Urusan Agama (KUA) mulai pukul 16.30-17.00 WIB,  dilanjutkan berbuka puasa pada pukul 18.00 WIB.


Ustaz Ade menjelaskan, selama satu tahun pengurus masjid telah menggandeng penyuluh agama sebagai guru pembina keagamaan anak yatim di lingkungan masjid. Kerja sama ini telah dituangkan dalam piagam kerja sama pada Ramadan tahun lalu.


Dafri Sutan Mantari selaku Manager Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (Ziswaf), ikut  menambahkan, Masjid Jami' Nurul Huda telah menambahkan jumlah  santunan anak yatim. Yakni santunan pendidikan tiap semester selama dalam setahun dengan nilai Rp600 ribu/orang. Ditambah santunan Idulfitri Rp1juta hingga Rp1,2 juta, sesuai tingkat kehadiran anak-anak selama ikut pembinaan.


Jika ditotal, dalam setahun anak yatim sudah mendapatkan total  santunan per orangnya antara Rp2,2 juta sampai Rp2,4 juta per orang. Tahun-tahun sebelumnya, santunan itu hanya sekali saja. Yakni saat mau lebaran, dengan nilai Rp1,2 juta sampai Rp1,5 juta per orang. 


Berhubung jumlah infak anak yatim meningkat, seiring masjid dibuka 24 jam, maka diberikan item santunan pendidikan kepada anak-anak yatim tersebut. Sekarang mereka  sudah mendapatkan santunan tiga kali dalam setahun.


Haji Nurdin bendahara masjid menambahkan, jumlah dana yang telah disalurkan untuk anak yatim selama setahun ini sebesar Rp159.600.000. Terhitung sejak awal tahun ajaran baru, Juli 2022-April 2023.


Adapun kegiatan berbuka puasa anak yatim ini, di bawah koordinasi kepanitiaan bidang sosial masjid, dengan Koordinatornya Lendri Vianus dengan jumlah undangan 200 orang. (syam)