Nagari Pakan Rabaa Timur, Solsel Dikunjungi TSR Pemprov Sumbar -->

Iklan Atas

Nagari Pakan Rabaa Timur, Solsel Dikunjungi TSR Pemprov Sumbar

Kamis, 06 April 2023

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar saat menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Nurul Amal disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi.


Solsel, fajarsumbar.com - Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) nagari yang jauh dari pusat Ibu Kota ini mendapat kunjungan istimewa dari Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat.


Kunjungan itu merupakan kunjungan Safari Ramadan TSR tingkat provinsi, selain pejabat provinsi, tim Kabupaten Solok Selatan juga ikut mendampingi rombongan tersebut di Masjid Nurul Amal Aia Karuah. Rabu (5/4/2023). 


TSR provinsi Sumbar tahun 1444 M ke Solok Selatan itu merupakan kunjungan ke 24 selama bulan Ramadan. 


Dalam tim TSR provinsi itu diketuai oleh kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, dan sejumlah OPD L, Kabag terkait, sementara dari tim TSR. Kabupaten Solok Selatan diketuai oleh Wakil Bupati Yulian Efi dan sejumlah OPD terkait. 


Sebelum acara TSR dilaksanakan, rombongan dijamu berbuka puasa bersama dengan santriawan santriwati pondok pesantren Alfatih Aia Karuah, jemaah Masjid dan masyarakat lainya, rombobgan disuguhkan menu masakan khas Pinti Kayu berupa Gulai Ikan Gariang. 


Pengurus Masjid  Nurul Amal Ondra Aiko dalam laporanya malam itu mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemda Provinsi Sumbar, Pemkab Solok Selatan yang telah memilih Masjid Nurul Amal ini sebagai ajang TSR, dengan harapan kami adanya tamu istimewa ini akan ada membawa perubahan. 



Ondra Aiko selaku pemilik Ponpes Alfatih menggambarkan kondisi Ponpes yang Dia Asuh, kebetulan Masjid Nurul Amal  ini berada dilokasi Pondok Alfatih, kebetulan memang Masjid ini duluan berdiri dari pondok, namun sarana ini masih bisa kami manfaatkan bersama santri dan warga dalam beribadah. 


Lima tahun yang lalu, kami berjuang mendirikan sebuah sekolah agama yaitu pondok pesantren, berbagai rintangan dan tantangan yang kami hadapi, namun semua ini berdat dukungan dan dorongan semua pihak, termasuk wali nagari pinpes ini berjalan secara berlahan. 


Awal berdiri diakui sulit membawa anak anak untuk sekolah disini, beberapa bulan diresmikan kami memiliki santei sebanyak 5 orang, dengan semangat pengurus dan guru guru, akhirnya semakin hari semakin ada kemajuan, sehingga sampai saat ini Ponpes Alfatih sudah memiliki santri sebanyak 95 orang. 


Terkait dengan bangunan sekokah dan asrama boleh dikatakan ada, namun belum lengkap dan masih banyak yang dibutuhkan. 


Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi dalam sambutanya malam itu mengatakan, terimakaaih atas kedatangan rombongan TSR Provinsi Sumatera Barat, yang telah mengunjungi daerah Nagari Pakan Rabaa Timur ini. 


Wabup mengatakan, kondisi pemerintahan Solok Selatan saat ini sudah mulai menampakan hasil dan semua kebijakan kepala daerah sudah banyak dirasakan masyarakat, termasuk masyarakat Pakan Rabaa Timur ini, salah satunya adalah program saru jorong satu tafiz, ini sudah diperlihatkan oleh masyarakat dinagari ini, dengan mendirikan satu jorong satu tafiz selain itu pemberian pakaian gratis untuk sekolah, satu kecamatan satu excavator sudah juga terelisasi. 


Kadis Perhubungan Provinsi Sumatera Barat Dedi Diantolani dalam sambutanya mengatakan, maksud dari tujuan safari ramadan tentu bersilahturahmi dengan masyarakat, ingin melihat kondisi dan situasi daerah yang ada di nagari ini, termasuk program program yang telah diberikan oleh provinsi, apakah sudah jalan atau tidak. 


Perekonomian masyarakat kita di Sumatera Barat ini baru saja bangkit dari keterpurukan seperti covid-19 yang sangat menyiksa perekonomian, itu dirasakan betul oleh masyarakat Sumbar, dengan kondisi itu banyak yang tertinggal. 


Kami yakin dalam menyambut hari raya lebaran nanti akan terjadi penambahan penduduk yaitu warga yang akan pulang kampung. 


Tempat tempat pariwisata kita harap selalu dalam kondisi indah dan bersih, mari sama sama menjaga apa yang sudah dibangun


Jangan ada pungli dan tukang palak ditempat objek wisata, karena di Solok Selatan ini banyak objek wisata yang baru


Bantuan pembangunan Masjid sebesar Rp 50 juta, bantuan Baznas Kabupaten dan puluhan Alquran diserahkan oleh ketua tim dan langsung diterima oleh pengurus Masjid dan Wali Nagari Pakan Rabaa Timur. (Abg)