Panwascam Sungayang Ikuti Peringatan HUT Bawaslu RI ke-15 Secara Daring -->

Iklan Atas

Panwascam Sungayang Ikuti Peringatan HUT Bawaslu RI ke-15 Secara Daring

Minggu, 09 April 2023

Panwascam Sungayang mengikuti HUT Bawaslu ke 15 dari Jakarta secara daring, Minggu (9/4) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Seluruh jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Sungayang mengikuti kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) atau hari lahir Bawaslu RI yang ke 15, secara daring di Kantor Panwaslu Kecamatan setempat, Minggu (9/4/2023).


Tasyakuran yang dilakukan secara serentak dan sederhana itu, dipusatkan di Kantor Bawaslu RI Jalan Thamrin Jakarta. Adapun Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Kota, serta Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa se-Indonesia, mengikuti secara daring baik melalui zoom maupun akun YouTube Bawaslu RI.


Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu RI Rahmad Bagja mengatakan, ulang tahun yang ke 15 menjadi momentum refleksi untuk meningkatkan kinerja. Apalagi saat ini tahapan Pemilu 2024 sedang berjalan.


"Ke depan, berbagai tahapan penyelenggaraan akan dilalui secara bersama-sama. Pengawasan Pemilu harus dilakukan secara baik dan profesional. Tahapan Pemilu sangat penting, seperti pencalonan, pemutakhiran data pemilih, kampanye, dan lain-lain," sampainya. 


Bagja katakan lagi, usia 15 sangat penting untuk menginjak kedewasaan. Untuk sampai ke usia 15 tentu bukan perkara mudah. Pada 9 April 2008, Bawaslu RI lahir dan hingga kini masih tetap eksis mengawasi pemilu. "Dalam perkembangannya, keberadaan Bawaslu sudah berbentuk permanen hingga tingkat kabupaten/kota," ujarnya. 


Perayaan HUT Bawaslu dilakukan dengan acara tasyakuran. Hadir dalam acara tersebut para anggota Bawaslu periode-periode sebelumnya, para anggota DKPP, para anggota KPU RI dan lain-lain.


Para tokoh tersebut memberikan pesan dan kesan atas keberadaan Bawaslu yang kini sudah berusia hingga tahun ke 15. Mereka menyampaikan sesuai dengan perspektif dan pengalaman masing-masing.


Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Irfan Taufik mengucapkan selamat HUT Bawaslu ke 15, semoga ke depan mampu mengawal demokrasi sehingga berjalan aman, sukses, dan hasilnya dapat diterima masyarakat.


Turut hadir Anggota Panwaslu Kecamatan Sungayang Edison dan Refialdi, Korsek Busnika Hamidi, staf sekretariat, dan anggota PKD. (rel/F12)