Perantau IKBB se-Dunia Adakan Halalbihalal di Kampung Halaman -->

Iklan Atas

Perantau IKBB se-Dunia Adakan Halalbihalal di Kampung Halaman

Senin, 24 April 2023

Bupati dan Wabup hadiri Halalbihalal dan Mubes IKKB se Dunia, di MDTA Nagari Buo, Kecamatan Lintau Buo


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Perantau salah satu tonggak penopang pembangunan yang berperan penting, khususnya di dalam membangun Nagari. Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra pada acara Halalbihalal Ikatan Keluarga Besar Buo (IKBB) se-Dunia dan Masyarakat Nagari Buo, di MDTA Nagari Buo, Kecamatan Lintau Buo, Minggu (23/4). 


Turut hadir Wakil Bupati Richi Aprian, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Hendra Irwan Rahim dan Jefri Masrul, Camat Lintau Buo bersama Forkopimca, Wali Nagari, perantau dan tokoh masyarakat.


Bupati Eka Putra di kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian perantau untuk meringankan beban pemerintah daerah khususnya masyarakat Nagari Buo. "Terima kasih kepada perantau IKBB yang telah membantu pemerintah dalam membangun nagari, yang tentunya ini akan sangat meringankan beban kami Pemerintah Daerah," katanya.


Kepada masyarakat Nagari Buo yang diranah, Bupati juga mengajak untuk selalu menjalin komunikasi dengan rantau, untuk mempererat silaturahmi dan menjaga kekompakan.


Sehubungan dengan aspirasi masyarakat Nagari Buo, yang disampaikan Wali Nagari Buo, antara lain perbaikan jalan dari Setangkai menuju Payakumbuh via Balai Tangah, Bupati menjelaskankan bahwa jalan tersebut merupakan kewenangan provinsi, dan keluhan masyarakat Buo juga sudah disampaikan ke Gubernur untuk melakukan perbaikan.


Selain itu, Bupati juga mengajak masyarakat Nagari Buo untuk medukung program unggulan pemerintah daerah diantara Bajak Sawah Gratis dan Satu Rumah Satu Hafizh.


Diakhir arahannya, Bupati Eka Putra juga mendoakan perantau selamat bermusyawah dan selamat kembali sampai dirantau dan usaha makin sukses dan berkah .


Hal senada juga disampaikan anggota DPRD Provinsi Sumbar Hendra Irwan Rahim. Menurutnya kehadiran Bupati dan Wakil Bupati sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakatnya. "Alhamdulillah melalui mubes yang perdana ini, menjadi langkah awal bagi warga Nagari Buo yang dirantau dan di kampung, untuk membangun kampung halaman, semoga kita semakin kompak," ungkapnya. 


Sebelumnya, Wali Nagari Buo Yulkusmayanto juga menyampaikan ucapan terimakasih, kepada pemerintah daerah yang telah hadir membuka acara Mubes IKBB sedunia. " Nagari Buo merupakan nagari dengan julukan Nagari Barajo, santun dan baik hati, ini dibuktikan dengan dilakukannya Mubes IKBB se-Dunia, dengan tema Perkuat Kebersamaan Saciek Bak Ayam, Sadantiang Bak Basi," sampainya. 


Terakhir, Yulkusmayanto sampaikan beberapa point, yang menjadi pekerjaan rumah bersama yaitu perbaikan Bendungan Siambek yang sudah roboh dari tahun 2019 dan sampai saat ini belum diperbaiki, yang akan mengairi puluhan hektar sawah. Pembangunan Balai Minggu, Balai Adat dan Kantor Wali Nagari Buo. (F12)