Puluhan Masjid di Padang Panjang Gelar Salat Id Jumat -->

Iklan Atas

Puluhan Masjid di Padang Panjang Gelar Salat Id Jumat

Sabtu, 22 April 2023

 

Jemaah salah satu masjid melimpah ke pekarangan masjid.

Padang Panjang, fajarsumbar.com Perbedaan penetapan Hari Raya Idulfitri 1444 H juga terjadi di masyarakat Kota Padang Panjang. 


Sebagian besar masjid sudah melaksanakan Salat Id pada Jumat (21/4).


Sebelumnya, Muhammadiyah menetapkan Idulfitri pada Jumat, sedangkan pemerintah sudah menetapkan pada Sabtu (22/4). 


Perbedaan pelaksanaan Idulfitri ini sudah biasa terjadi dari tahun sebelumnya. Sebagai umat Islam yang saling menghargai dan bertoleransi, pelaksanaan Salat Id ini tidak terlalu dipermasalahkan.


Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako, Erwina Agreni, M.Si, membenarkan di Kota Padang Panjang sudah ada sebagian masyarakat yang melaksanakan Salat Id pada hari Jumat, sedangkan pemko melaksanakan Sabtu (22/4) dipusatkan di Islamic Center, di Kelurahan Koto Katik. .


"Sudah banyak juga masjid yang melaksanakan Salat Id, namun pemerintah akan melaksanakan besok yang dipusatkan di Islamic Center. Perbedaan ini, merupakan hal yang sudah biasa terjadi. Kita saling menghormati dan bertoleransi saja," ujarnya.


Beberapa masjid yang sudah melaksanakan salat di antaranya, Masjid Taqwa Muhammadiyah, Masjid Jami' Nurul Huda, Masjid Nurul Hidayah, Masjid Al Muttaqin, Masjid Nurul Iman, Kenagarian Gunung dipusatkan di halaman SMPN 3 Padang Panjang, Masjid Nurul Furqan Tanah Pak Lambik dan lainnya.


"Tercatat hampir 40 masjid yang mengonfirmasi kepada kita untuk melaksanakan salat pada hari ini. Namun sampai sekarang kemungkinan ada masjid yang mengganti jadwalnya dan itu kita belum menerima konfirmasi," tuturnya lagi.(syam)