Satu Nagari Satu Event, Rang Sungayang Mangiak Olek Ramai Pengunjung -->

Iklan Atas

Satu Nagari Satu Event, Rang Sungayang Mangiak Olek Ramai Pengunjung

Sabtu, 29 April 2023

Sekda Iqbal Ramadi Payana didampingi Wali Nagari Sungayang memukul tong-tong tanda dimulainya event Rang Sungayang Mangiak Olek


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Diawali dengan pawai arak-arakan arak-arakan Tangkuluak Balopak, Tangkuluak Bugi, Tangkuluak Sopik Udang, Lokegh-lokegh, Saputangan Mato dan Manjunjuang Talam, merupakan event kelima pelaksanaan program unggulan, Satu Nagari Satu Event yaitu Rang Sungayang Mangiak Olek, yang dipusatkan di lapangan Bunga Setangkai, depan kantor Wali Nagari, Kecamatan Sungayang, Sabtu (29/4/23). 


Bupati Tanah Datar, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Iqbal Ramadi Payana, secara resmi membuka event Mangiak Olek ditandai dengan memukul tong-tong. Dan turut dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Khairul Abdi, pimpinan OPD, Camat Sungayang bersama Forkopimca, Camat se Tanah Datar, Wali Nagari se Tanah Datar, Ketua PWS Yulhendri, angku-angku, niniak mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat, perantau, pemuda dan undangan lainnya. 


Diawal sambutannya, Sekda yang membacakan sambutan Bupati menyampaikan, apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat Nagari Sungayang, yang telah berhasil menggelar event Mangiak Olek, yang merupakan potensi nagari tersebut.


"Event ini merupakan salah satu dari 35 event dalam Program Satu Nagari Satu Event tahun 2023, dan merupakan event kelima yang telah dilaksanakan tahun ini. Terima kasih atas kerja keras semua pihak sehingga event ini bisa terselenggara dengan baik dan sukses,” katanya.


Dikatakan Iqbal lagi, dengan berbagai potensi kekayaan adat, budaya dan kuliner yang ditampilkan dalam event, tentu diharapkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. "Tadi kita saksikan pawai dan arakan-arakan budaya pakaian khas Sungayang, kemudian juga ada stan kuliner dan UMKM, sayang jika tidak singgah mencicipi berbagai makanan khas nagari ini, ataupun singgah berbelanja produk UMKM," sampainya. 


Terakhir Sekda juga berharap, melalui pelaksanaan event Mangiak Olek ini, seluruh potensi yang ada di Nagari Sungayang semakin dikenal oleh masyarakat luas, sehingga memiliki efek ekonomi bagi masyarakatnya.


Sebelumnya, Wali Nagari Sungayang Nofri Edison mengatakan, event Rang Sungayang Mangiak Olek dilaksanakan selama dua hari tanggal 29 dan 30 April 2023, memiliki konsep untuk menonjolkan budaya asli dan kearifan lokal yang ada di Nagari Sungayang, seperti pertujukan randai Siti Rohani dari Sanggar Kesenian di Nagari Sungayang.


"Selain arak-arakan, juga menampilkan tarian kolosal, kesenian dan permainan anak Nagari Sungayang, serta pameran hasil kerajinan dan produk UMKM Nagari Sungayang, seperti Lopek Sari Kayo, Goreng Maco Adat, Randang Boluik, Sulaman Benang Emas dan beberapa produk lainnya," ujar Wali Nagari.


Nofri juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan dukungan semua pihak, mulai dari panitia, masyarakat dan perantau Nagari Sungayang. "Alhamdulillah, acara event Mangiak Olek yang diperkirakan dikunjungi 1.000 orang, tetapi hari ini diluar dugaan melebihi 2.500 orang," pungkasnya. (F12)