Sempat Kabur, 2 Narapidana Asusila LPKA Tanjung Pati Kembali Ditangkap -->

Iklan Atas

Sempat Kabur, 2 Narapidana Asusila LPKA Tanjung Pati Kembali Ditangkap

Rabu, 05 April 2023
LPKA Tanjung Pati


Tanjung Pati, fajarsumbar.com - Dua tahanan kasus asusila Lembaga pembinaan khusus Anak (LPKA) Tanjung Pati di Nagari Ketinggian Sarilamak, Kecamatan Harau, Selasa (04/04/2023), sekira pukul 20.00 WIB malam, berupaya lari dari LPKA.


Kedua tahanan yang kabur tersebut yakni masing-masing berinisial F (16) dan R (17) sesama warga Pariaman itu kabur sekitar pukul 20.10 usai sholat Isya. Kaburnya 2 Narapidana ini sempat membuat panik petugas Lapas.


Momen ibadah malam, dimanfaatkan kedua tahanan yang tersandung kasus asusila dan pengeroyokan tersebut untuk melarikan diri dari sel tahanan.


Dengan membengkokkan besi pembatas dan memanjat tembok LPKA setinggi 4 meter, keduanya berhasil melarikan diri. Kaburnya kedua tahanan itu juga terekam CCTV LPKA Kelas II B Tanjung Pati.


“Keduanya sudah dapat. Mereka ditangkap di dua lokasi berbeda. Yang satu di dekat BRI Tanjung Pati sekitar pukul 22.00 Wib dan satu lagi di dekat batas Kota Payakumbuh usai sholat Subuh,” ujar Sahduriman Kepala LPKA Kelas II Tanjung Pati pada Rabu (5/4) siang.


Penangkapan terhadap F di dekat BRI Tanjung Pati itu, ketika dirinya sedang berjalan kaki menuju arah Payakumbuh Sedangkan terhadap R ketika dirinya dalam kondisi kelelahan dari pelarian.


“Alhamdulillah, berkat kesigapan petugas yang berpencar dan dibantu tim gabungan akhirnya keberadaan kedua diketahui. Ketika ditanya kenapa berani kabur, katanya kangen dengan orang tua mereka,” ujarnya lagi.


Dengan adanya upaya melarikan diri oleh tahanan, Kepala LPKA Kelas II Tanjung Pati itu akan memperketat pengamanan. “Celah-celah yang berpotensi untuk melarikan diri kita perbaiki, Petugas pun lebih kita siagakan. Kawat-kawan serta pagar besi kita tambah kedepannya. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi kejadian yang serupa,” ujarnya lagi.(ul)