Siaga Penuh PLN Jaga Keandalan Listrik Sumbar di Momen Lebaran -->

Iklan Atas

Siaga Penuh PLN Jaga Keandalan Listrik Sumbar di Momen Lebaran

Jumat, 21 April 2023
.

Padang, FajarSumbar.Com  - Guna memastikan keandalan listrik selama masa siaga Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat gelar _video conference_ (vcon) bersama dengan seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerja Sumbar pada Kamis (20/04). Vcon berpusat di Kantor UP2D dan dipimpin langsung oleh General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho serta turut dihadiri oleh Senior Manager (SRM) Distribusi Anton Sugiarto serta SRM Keuangan, Komunikasi, dan Umum (KKU) Cipto Adi Sumartono. Dalam vcon tersebut masing-masing Manager UP2D dan UP3 memaparkan kesiapsiagaan dalam menjaga suplai listrik pelanggan selama libur lebaran di wilayah kerja masing-masing.


Dalam arahannya Eric meminta seluruh unit agar memastikan keandalan pasokan listrik untuk kenyamanan lebaran masyarakat, menjaga dan mengingatkan terkait pentingnya K3L, memerintahkan untuk menyiagakan peralatan backup (UGB, UKB, Genset) dan armada crane serta petugasnya, menginventarisir lokasi prioritas pelaksanaan sholat Ied dan Pusat perayaan lainnya, memastikan kesiapan tiga SPKLU dan lima Posko Mudik UID Sumbar serta peralatan dan petugas siaga di lokasi tersebut. 


"Kami melakukan berbagai upaya guna memastikan kondisi di lapangan benar-benar aman dan sekaligus memberikan semangat untuk rekan-rekan yang sedang bertugas di lapangan," kata Eric dalam vcon  siaga Lebaran. 


Eric menjelaskan, untuk memastikan kenyamanan pelanggan, jajaran Manajemen hingga petugas-petugas PLN di lapangan terus bekerja 24 jam dengan suasana penuh kekeluargaan. Pengecekan terhadap kondisi terkini sistem kelistrikan di seluruh Sumbar terus dilakukan baik secara online maupun offline terus dilakukan untuk memastikan listrik tetap menyala.


"Komitmen kami agar seluruh masyarakat dapat merayakan libur lebaran ini dengan penuh suka cita dan rasa nyaman," ungkap Eric.


Selanjutnya, Eric juga memastikan sistem kelistrikan Sumbar dalam kondisi aman. Ia menuturkan pasokan daya kelistrikan Sumbar saat ini sebesar 778,42 MW, dengan beban puncak atau pemakaian maksimal rata-rata tertinggi 586,40 MW. Artinya masih ada cadangan pasokan daya sebesar 24,83%. ‘’Dengan cadangan daya sebesar ini, kami optimis dapat memberikan listrik berkualitas terbaik tanpa ada gangguan pasokan kepada 1,6 Juta pelanggan PLN di Sumbar. Kami juga siap dengan tambahan pemakaian listrik dalam jumlah besar selama Ramadan hingga Idul Fitri,’’ sambungnya.


Untuk mengawal momen Lebaran dan mengantisipasi puncak arus balik, selain siap dengan pasokan daya, PLN UID Sumbar juga telah menyiagakan total 1376 personil yang bersiaga 24 jam selama Siaga Ramadan PLN, yang sudah dimulai tanggal 10 April hingga 02 Mei 2023 mendatang.


PLN juga menyediakan peralatan pendukung yang _standby_ mulai dari 5 Unit Cubicle Kabel Bergerak (UCKB), 55 Unit Gardu Bergerak (UGB), 43 Genset, 219 unit kendaraan pendukung, 3 unit SPKLU. ‘’PLN juga membentuk Posko Siaga Ramadhan dan Idul Fitri tersebar di berbagai titik strategis,’’ jelas Eric kemudian.


Selain memaksimalkan pasokan listrik untuk masyarakat di rumah, bertepatan dengan momen mudik tahun ini PLN UID Sumbar juga menyediakan tiga SPKLU yang akan bermanfaat bagi pengendara kendaraan listrik dan lima posko mudik sebagai tempat  beristirahat bagi para pemudik.


"Posko mudik lengkap dengan fasilitasnya merupakan bentuk kehadiran dan peran aktif PLN mengawal keamanan dan kenyamanan arus mudik masyarakat pada perayaan Idul Fitri tahun ini. Inshaallah layanan kelistrikan di Sumbar dapat kita jaga dengan baik. Kami terus bekerja untuk menjaga kelistrikan,”tutup Eric.(*)