Tergiur Ponsel Murah di Medsos, Perempuan di Palembang Tertipu Rp5 Juta -->

Iklan Atas

Tergiur Ponsel Murah di Medsos, Perempuan di Palembang Tertipu Rp5 Juta

Senin, 10 April 2023

Perempuan korban penipuan beli handphone murah di media sosial lapor polisi



Palembang - Tergiur dengan handphone murah di media sosial, Sagita (27), warga Jalan KI Anwar Mangku, Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju, Palembang malah tertipu Rp5 juta. Pelaku mengaku dari Medan dan modusnya barang yang dikirim tertahan di Bea Cukai. 


Peristiwa ini terungkap setelah korban Sagita mendatangi petugas SPKT Polrestabes Palembang dan membuat laporan. Sagita mengatakan, kejadian penipuan yang dialaminya berawal saat dirinya tergiur dengan harga ponsel yang murah dan hendak memesan handphone di akun Instagram @Gadged_HP_PROMOSERBA100RIBU.


"Saya baru pesan handphone-nya kemarin, katanya harga Rp100.000 lagi promo. Terus saya transfer ke rekening atas nama Ahmad Efendi K," ujar Sagita, Senin (10/4/2023). Setelah mentransfer uang sebesar Rp100.000, lanjut Sagita, terlapor melalui akun Instagramnya kemudian menghubungi dan memberi tahu jika barang sudah diantar dari Medan menuju Palembang, sebagaimana dikutip iNews.id.


Namun, beberapa saat kemudian terlapor kembali menghubungi dan meminta uang kepada Sagita. Alasannya, barang tersebut tertahan di Bea Cukai dan harus ditebus.


"Terlapor minta uang lagi Rp5 juta, katanya handphone yang saya pesan ditahan di Bea Cukai dan harus ditebus pakai uang. Kalau tidak ditebus saya diancam bisa dipenjara. Namanya orang masih awam jadinya saya takut, jadi terpaksa transfer uang lagi," katanya.


Setelah mentransfer uang yang diminta sebanyak Rp5 juta, pelaku tidak dapat dihubungi kembali. "Dari situ saya merasa jadi korban penipuan," katanya, Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, AKBP Haris Dinzah membenarkan adanya laporan korban tentang dugaan tindak pidana penipuan melalui media sosial. "Laporan sudah diterima selanjutnya anggota Reskrim tindak lanjuti," katanya.(*)