TNI Temukan Lokasi Pilot Susi Air Disandera, Operasi Penyelamatan Mengerucut -->

Iklan Atas

TNI Temukan Lokasi Pilot Susi Air Disandera, Operasi Penyelamatan Mengerucut

Minggu, 16 April 2023

 

TNI sudah mengetahui lokasi pilot Susi Air yang disandera KKB Papua, Philips Max Mehrtens. 


Jakarta - TNI menemukan lokasi pilot Susi Air Phillip Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKBPapua. Operasi penyelamatan pun semakin mengerucut.


Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono menjelaskan upaya penyelamatan masih terkendala cuaca yang tak menentu di lokasi, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Yang paling menyulitkan dalam operasi ini adalah cuaca. Kondisi pilot sudah dikerahui areanya. Operasinya sudah semakin mengerucut dan terfokus. Jadi cuaca dan ini sangat tidak menentu di Papua," kata Julius di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (16/4/2023). 


Julius mengatakan pihaknya sempat melakukan komunikasi melalui saluran radio namun masih terhambat.


"Kemarin kami mencoba untuk berkomunikasi melalui saluran radio juga masih terhambat," ucapnya. 


Diketahui, gerombolan KKB menyerang Yonif Raider 321/Galuh Taruna  (Yonif R 321/GT) yang bertugas melakukan Operasi SAR pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga pada Sabtu (15/4/2023).


Akibat peristiwa tersebut satu prajurit gugur. Sedangkan prajurit lain tersebar di beberapa lokasi dan belum dapat dihubungi. 


Usai peristiwa itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan operasi penyelamatan pilot Susi Air akan ditingkatkan.


"Jadi ini adalah bagian dari operasi penyelamatan pilot Susi Air, operasi selanjutnya akan ditingkatkan oleh Panglima TNI," kata Julius.(*)