TSR DPD Partai Golkar Sumbar dan Kabupaten Solsel Kunjungi Simpatisan -->

Iklan Atas

TSR DPD Partai Golkar Sumbar dan Kabupaten Solsel Kunjungi Simpatisan

Senin, 10 April 2023
Da'i cilik Masjid Nurul Huda Mudiak Lolo membacakan ayat Suci Alquran, semua tamu TSR, termasuk Bupati kagum melihat kepiawaian dai cilik itu, mereka sudah mendukung program Bupati.


Solsel, fajarsumbar.Com - Kembali tim Safari Ramadan (TSR) DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Barat dan DPD Partai Golkar Kabupaten Solok Selatan (Solsel) bersanding menjumpai warga dan simpatisannya. 


Hari ke 5 TSR partai Golkar ini mengunjungi Masjid Nurul Huda di Jorong Mudiak Lolo Timur Nagari Sako Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan dan buka puasa bersama dengan ratusan masyarakat, Minggu (9/4)2023). 


Hasil pantauan Media dilokasi berbuka puasa bersama partai pemenang pemilu Solok Selatan itu, kehadiran masyarakat dan simpatisan sangat luar biasa, sehingga banyak tamu undangan berbuka diteras luar Masjid, karena didalam Masjid terlihat penuh berdesakan. 


Pengurus Masjid Nurul Huda Jorong Mudiak Lolo Timur dalam laporan singkatnya mengatakan, sudah 11 tahun Masjid ini tidak pernah dikunjungi tim TSR Kabupaten, iabarat orang sedang haus dapat air, makanya kami dari pengurus mengucapkan ribuan terimakasih atas kedatangan rombongan TSR Partai Golkar dan Pemda Solok Selatan. 


Masih ada pembebasan lahan untuk parkir pekarangan di Masjid Nurul Huda ini sangat dibutuhkan. Wali Nagari Kami sangat membutuhkan rumah tafiz sebagaimana program Bapak Bupati satu jorong satu rumah tafiz. 


Ketua DPD Partai Golkar Solok Selatan, yang juga menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan dalam sambutanya mengatakan, Kali ini kami dari rombongan sangat bangga dan tidak akan menyangka kehadiran masyarakat jemaah Masjid Nurul Huda ini begitu membludak. 


Kegiatan TSR ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunya, bukan saja disaat Ramadan diluar Ramadan pun tetap kami gelar, kami memanfaatkan bulan Ramadan ini menjalin silahturahmi bersama masyarakat. 


Dari partai Golkar mempunyai program pembangunan kedepan 

Pengalaman kami ditahun 2014 ada sekitar 60 orang anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Saya mendapat suara terbanyak, begitu juga di Kabuoaten, juga mendapat suara terbanyak, maka dari itu niat baik Saya tertuju di Pusat. 


Niat Saya betul betul akan memperjuangkan daerah Solok Selatan dari segala segi, karena selama ini Solok Selatan sangat jauh tertibggak dan banyak pembangunan yang tidak diperoleh. 


Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, (Solsel) merupakan kecamatan yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dibandingkan beberapa kecamatan lainnya.


Untuk terus mendorong perkembangan itu,  ditahun 2023 ini Pemerintah Daerah (Pemda) terus melanjutkan beberapa pembangunan imprastruktur pada Kecamatan Sungai Pagu diantaranya, Peningkatan jalan Pasar Lama  Pasar Baru Muaralabuh sebesar 3 Milyar, lanjutan pengembangan RTH Muara Labuh sebesar 1 Milyar yang pada beberapa hari yang lalu kita telah meresmikan Pujasera Solok Selatan di RTH Muara Labuh. 


Kehadiran Pujasera diharapkan menjadi salah satu pusat wisata Kuliner di Kabupaten Solok Selatan, selain itu Rp.500 Juta untuk pengembangan Kawasan Saribu Rumah Gadang dan Menara Songket


Hal ini disampaikan oleh ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Barat Khairunas didepan ratusan masyarakat dan Jemaah Masjid Nurul Huda Mudiak Lolo Nagari Sako Pasir Talang, pada acara Safari Ramadan Partai Golkar tingkat Provinsi dan tingkat Kabupaten. 


Saya menyampaikan program Pemerintah Kabupaten Solok Selatan ini, karena Saya menjadi Bupati Solok Selatan didukung oleh partai Golkar, dan Saya harus loyal serta ikut dalam program ini. 


Pada kesempatan ini, saya atas nama pimpinan partai Golkar Sumbar dan Pemerintah Daerah Solok Selatan mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh tokoh masyarakat dan ninik mamak yang telah menyerahkan tanah untuk RTH Muara Labuh dan Gedung Nasional. 


Untuk menghubungkan pusat pertumbuhan, beberapa waktu lalu kita mengunjungi Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, dan kita meminta agar Balai Jalan dapat membantu kita melakukan pelebaran jalan nasional dari Muara Labuh menuju Padang Aro, dari tahun 2022 yang lalu sudah kita mulai dan akan kita lanjutkan di tahun 2023 ini. "Demi  percepatan realisasi itu kami mohon dukungan dari seluruh lapisan masyarakat," ajak Khairunas. 


Pelaksanaan Safari Ramadhan ini oleh Pemerintah Daerah sebagai sarana untuk meningkatkan tali silaturahmi dan perekat antara pemerintah daerah dengan masyarakat yang kemudian substansialnya sebagai wadah menyampaikan informasi pembangunan, sekaligus menyerap aspirasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, dan didengar langsung sehingga menjadi referensi dalam pembangunan daeragh kedepannya.


Untuk itu, pada kesempatan ini izinkan kami menyampaikan informasi realisasi program unggulan, kebijakan dan pembangunan yang telah dan akan dilakukan diantaranya 

Pembagian bantuan seragam sekolah gratis pada tahun 2022 sebanyak 19.964 stel yang telah dibagikan. Program ini akan tetap dilanjutkan pada tahun ini, karena sudah disediakan anggaran sebesar 1,6 Milyar untuk seragam sekolah SMA/SMK/dan MI, sebesar 3 Milyar untuk seragam sekolah Paud/TK/SD dan SMP.


Selanjutnya kita juga memberian beasiswa berprestasi sebanyak 246 orang baik melalui APBD, CSR Perusahaan maupun dari bantuan Baznas.

Pendirian rumah tahfiz yang saat ini berjumlah 379 dengan rincian sebanyak 274 rumah tahfiz binaan dan 105 Rumah tahfiz mandiri. Tahun ini guru tahfiz ini akan kita tingkatkan kesejahteraan nya dan diberikan jaminan kesehatan dan jaminan keselamatan kerja.


Untuk anak-anak kita yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, kita juga telah bekerja sama dengan berbagai Universitas ternama di Sumatera Barat. Dan juga kita terus mendorong perkembangan Universitas yang ada di Kabupaten Solok Selatan yaitu Widyaswara Muara Labuh dan PSDKU Lubuk Malako yang lulusannya juga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.


Penambahan kuota BPJS sebanyak 2.900 orang dan pada tahun 2023 ini ditambah lagi sebanyak 3000 orang. Hingga hari ini Presentase kepesertaan BPJS Kabupaten Solok Selatan adalah sebanyak 92%. Artinya dari 183 ribu penduduk Kabupaten Solok Selatan, sebanyak 169 ribu sudah tercover BPJS Kesehatan.


Secara bertahap kita upayakan hingga tercover sebanyak 100%.

Selain meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan, kita juga terus mendekatkan pelayanan dan menghadirkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, melalui program Puskesmas Sehatkan Nagari, Rumah Sakit melayani Nagari dan yang terbaru yaitu Mobilitas untuk pasien Hemodialisa atau cuci darah. 


Dengan program ini masyarakat akan dikunjungi langsung oleh petugas baik dari Puskesmas Maupun dari Rumah Sakit untuk diperiksa gangguan kesehatannya. Hingga hari ini kurang lebih sudah 30 Ribu masyarakat yang telah dilayani dengan program ini. Kita berharap dengan adanya program ini, masyarakat yang tidak sempat dan tidak mampu datang ke fasilitas kesehatan dapat terlayani mengetahui gangguan kesehatannya sedini mungkin, sehingga dapat dicegah dan ditangani secepatnya.


Pemberian bantuan sapi sebanyak 791 ekor sapi pada 25 kelompok. Dan tahun 2023 ini kita telah sediakan juga anggaran untuk 500 Ekor sapi yang akan diserahkan kepada masyarakat dan juga dari Pemerintah Pusat pada tahun ini kita akan diberikan bantuan sapi sebanyak 250 Ekor.


Pada tahun 2022 yang lau, Kita juga telah melakukan bantuan stimulan-stimulan kepada masyarakat berupa sembako untuk penanganan inflasi dampak kenaikan BBM melalui Dinas Sosial dan di tahun 2023 ini sebanyak 35 Ribu paket bantuan sembako telah kita siapkan dengan anggaran kurang lebih sebesar Rp.7 Milyar. 


Dan juga pada tahun 2022 yang lalu untuk pengembangan UMKM juga telah kita realisasikan anggaran sebesar 1,2 Milyar dan pada tahun 2023 ini telah kita anggarkan juga sebesar Rp.1,4 milyar. Hal ini tentunya agar ekonomi kerakyatan tumbuh seiring dengan berkembangnya UMKM kita yang ada di Kabupaten Solok Selatan.


Untuk pengentasan Blindspot atau daerah tidak bersinyal, dari total 39 titik blinspot sekarang sudah berkurang menjadi 25 titik blinspot. Untuk tahun 2022 yang lalu kita fokuskan penanganan pada fasilitas publik, seperti kantor Camat, Wali Nagari, Puskesmas dan Sekolah, tahun ini kita lakukan kerjasama dengan Ikon Plus dan mendorong Bumnag sebagai promotornya. 


Hingga saat ini kita telah menyambungkan internet ke 7 Kantor Kecamatan, 8 Puskesmas, 7 Kantor wali Nagari dan 6 Sekolah. kegiatan ini akan terus berjalan hingga seluruh masyarakat Kabupaten Solok Selatan dapat menikmati akses internet nantinya.


Pada tahun 2023 ini, kita juga menambah pengadaan alat berat kita yaitu, 1 Motor Grader, 1 Vibro Roller , 1 Mobil trado dan 3 Unit Dup Truck. Alat ini dapat kita manfaatkan untuk menangani jalan Nagari dan Kecamatan, saat ini sudah ada beberapa usulan dari Nagari dan Kecamatan, akan segera kita tindak lanjuti, sesuai jadwal yang telah kita susun melalui Dinas PUPR Kabupaten Solok Selatan.


Yang harus Kita sadari bersama bahwa, pelaksanaan pembangunan daerah tidak akan dapat dilakukan oleh pemerintah daerah saja melalui APBD yang jumlahnya sangat terbatas. Saat ini komposisi APBD kita Kabupaten Solok Selatan adalah :

Belanja Operasi 73,60% yang terdiri dari belanja Pegawai, Belanja Barang dan Jasa, dan Belanja Hibah

Belanja Modal Sebesar 17,56% 

Belanja Tidak Terduga sebesar 0,11% 

Belanja Transfer sebesar 8,73%


Untuk itu, melalui forum ini kami meminta dukungan, bantuan serta keterlibatan aktif dari seluruh unsur masyarakat, dunia usaha dan tentu juga bantuan-bantuan dari pihak eksternal. Karena keterbatasn APBD kita juga melakukan filterisasi mana program dan kegiatan yang benar-benar prioritas yang akan kita laksanakan, namun sebagai pemerintah daerah kami terus berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat. (Abg)