Turki Bakal Produksi 1 Juta Mobil Listrik Pabrikan Dalam Negeri -->

Iklan Atas

Turki Bakal Produksi 1 Juta Mobil Listrik Pabrikan Dalam Negeri

Kamis, 13 April 2023

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istrinya, Emine, menerima mobil listrik pertama buatan Turki, di Kompleks Kepresidenan, Ankara, 3 April. Mobil listrik buatan TOGG itu adalah hasil pabrikan dalam negeri



Ankara– Turki berencana untuk memproduksi 1 juta mobil listrik TOGG dalam waktu tujuh tahun ke depan. Rencana itu menyusul permintaan yang signifikan untuk kendaraan listrik di negara tersebut. 


“Dalam tujuh tahun, Anda akan melihat satu juta mobil listrik TOGG di jalanan,” kata kata Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, kepada wartawan, Rabu (12/4/2023).


Dia mengungkapkan, permintaan mobil listrik di dalam negeri cukup signifikan. Karenanya, Erdogan tidak menutup kemungkinan mengadakan pertemuan dengan perwakilan bank-bank Turki untuk membahas pinjaman khusus bagi warga untuk membeli mobil TOGG, sebagaimana dikutip iNews.id.


Pada awal bulan ini, Erdogan dan istrinya, Emine, menjadi pemilik pertama mobil listrik TOGG buatan Turki. Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, dan Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev, juga menerima mobil listrik TOGG sebagai hadiah dari Erdogan.


TOGG didirikan pada 2018. Produsen otomotif Turki itu membuka secara resmi pabrik kendaraan listriknya pada Oktober lalu. Kendaraan listrik TOGG akan diproduksi dalam dua versi, yakni sedan dan SUV. Kendaraan TOGG termurah dipasangi baterai 160 kilowatt dan mampu menempuh jarak 313 km dengan sekali pengisian. Harga satu unitnya diperkirakan  biaya lebih dari 50.000 dolar AS (sekitar Rp740 juta). (*)