Wujudkan Lebaran Nyaman, Pemko Payakumbuh Gelar Rakor -->

Iklan Atas

Wujudkan Lebaran Nyaman, Pemko Payakumbuh Gelar Rakor

Kamis, 13 April 2023
.


Payakumbuh, fajarsumbar. com - Untuk mewujudkan perayaan Idul Fitri 1444 H yang tertib, aman dan nyaman bagi masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Menjelang Hari Raya Idul Fitri bersama seluruh jajaran Forkopimda di  Aula Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Kamis (13/4/2023).


Ada beberapa topik yang dibahas pada rapat tersebut yakni pengamanan lebaran, arus lalu lintas, kantibmas, permasalahn ODGJ, Pengemis,Tempat Parkir, sumbangan liar, ketertiban di tempat wisata, ketersediaan pangan menjelang maupun pasca Idul Fitri 1444 H. 


Rapat koordinasi dibuka secara resmi oleh Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda didampingi  Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, Kajari Payakumbuh Suwarsono, Asisten II Setdako Payakumbuh Elzadaswarman, Pereakilan dari Dandim 0306/50 Kota Serta kepala OPD di lingkup Pemko Payakumbuh.



Pj.Wali kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan pengamanan lebaran harus  optimal di kota Payakumbuh. Selama lebaran, suasana kota diharapkan kondusif, masyarakat aman dan  nyaman menjalani lebaran.


"Hari Raya Idul Fitri merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim, diharapakan pengamanan untuk masyarakat di momen lebaran ini harus optimal dilaksanakan oleh OPD terkait serta TNI dan Polri. Mudah-mudahan Payakumbuh juga bebas dari segala ancaman musibah bencana. Peran serta masyarakat dalam memelihara ketertiban dan keamanan kota sangat diharapkan," Ujar Rida


Ditambahkan Rida, Untuk membantu Polri dalam menjalani pengamanan lebaran, Pemko Payakumbh melalui Dinas Perhubungan, Satpol PP damkar, Dinas Kesehatan, serta OPD terkait lainnya bertanggung jawab  memantau dan memonitor serta membuat laporan suasana lebaran di Payakumbuh. 


"Diharapkan OPD terkait untuk memantau suasana lebaran mulai dari tingkat RT/RW sehingga kita dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, terlebih lagi tahun ini akan ramai arus mudik. Mari kita buat kota Payakumbuh menjadi sangat nyaman dan aman bagi masyarakat dan bagi pemudik yang pulang ke payakumbuh dan bagi yang pergi keluar kota dan meninggalkan rumah diharapkan untuk melapor kepada RT dan RW setempat," Terang Rida. 


Senada, Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari mengatakan pada tanggal 18 April 2023 tepat pada pukul 00.00 WIB akan dilaksanakan Operasi Ketupat. Secara keseluruhan, seluruh anggota kepolisian siap mengamankan Lebaran di  Kota Payakumbuh. 


Ditambahkannya, Guna mengamankan dan menciptakan ketertiban  lalu lintas,  di wilayah hukum Polres Payakumbuh, dibentuk pos terpadu di beberapa tempat yaitu di Simpang Piladang, di depan Disparpora Taman Wisata Ngalau Indah dan di Pos Polisi Kota di Jalan Sudirman Payakumbuh. Pada setiap pos, dilengkapi dengan tenaga kesehatan, kendaraan ambulance, kendaraan operasional serta tenaga Dishub dan anggota Satpol PP.


"Tidak hanya mengamankan dan menertibkan lalu lintas, pos terpadu juga siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Setiap pengaduan masyarakat, langsung direspon petugas dengan cepat," Ujar Yuni.


Selain itu, Yuni juga mengimbau warga, untuk tidak mengangkut penumpang dengan kendaraan bak terbuka. Berlebaran dengan menggunakan kendaraan bak terbuka sangat rawan kecelakaan.  


Kapolres juga mengingatkan warga, hati-hati dengan bahaya api dalam musim panas sekarang ini. Jika meninggalkan rumah, seluruh peralatan listrik dicabut. Pastikan kompor dalam keadaan padam. (ul)