7.510 Jemaah Haji Kloter Pertama Akan Terbang ke Tanah Suci Besok -->

Iklan Atas

7.510 Jemaah Haji Kloter Pertama Akan Terbang ke Tanah Suci Besok

Selasa, 23 Mei 2023

Ilustrasi haji. Kloter pertama jemaah haji akan berangkat besok.



Jakarta- Sebanyak 7.510 jemaah haji telah tiba di tiap asrama haji yang tersebar di Indonesia, Selasa ini (23/5/2023). Mereka merupakan jemaah haji kloter pertama akan terbang ke Madinah, Rabu (24/5/2023). 


Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Akhmad Fauzin menjelaskan jemaah haji sedang menjalani pengecekan kondisi kesehatan dan kelengkapan berkas identitas serta administrasi, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Di asrama haji, jemaah akan dilakukan cek kesehatan, pemberian gelang identitas, pemberian paspor, visa dan tiket pesawat, serta pemberian living cost," ujar Akhmad di media center Asrama Haji Pondok Gede, Selasa (23/5/2023).  Perihal pemberian living cost, Akhmad mengungkapkan setiap jemaah akan menerima uang senilai 750 SAR (Saudi Arabia Riyal). 


"Untuk tahun ini, jemaah memperoleh living cost 750 SAR," ujar Akhmad.  Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede, Cecep Khairul Anwar mengatakan kloter pertama jemaah haji yang berangkat dari Pondok Gede, tercatat sebanyak 385 calon dengan delapan petugas pendamping. Total keseluruhan menjadi 393 orang.  


Ihwal keberangkatan, Cecep menjelaskan 393 orang kloter pertama ini nantinya akan diberangkatkan pukul 00.00 WIB Rabu dini hari nanti.  Guna mempersiapkan keberangkatan, Cecep mengungkapkan keberangkatan akan dilakukan empat jam lebih awal dari jadwal.  "Take off mungkin jam 00.00 WIB lebih. Hanya saja karena harus spare waktu, empat jam sebelumnya keberangkatan sudah kami dorong," kata Cecep.(*)