Ada Pekan Budaya Minang Anak TK di PDIKM Padang Panjang -->

Iklan Atas

Ada Pekan Budaya Minang Anak TK di PDIKM Padang Panjang

Kamis, 11 Mei 2023

 

Pekan Budaya Anak TK di PDIKM Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Untuk pertamakali, Taman Kanak-Kanak Negeri (TKN) Pembina Kota Padang Panjang menggelar Pekan Budaya Minang di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). 


Kepala TKN Pembina, Rohima, S.Pd, Rabu (10/5) mengatakan, sebagai bangsa yang memiliki beragam budaya, menjadi kewajiban memperkenalkan budaya pada anak sedini mungkin. Dengan demikian akan tumbuh kecintaan, rasa memiliki, juga kesadaran sebagai bangsa Indonesia.


“Mengenalkan kebudayaan pada anak banyak memberikan manfaat. Antara lain menumbuhkan kesadaran dalam diri anak untuk lebih mencintai bangsa dan negaranya.


Memperkenalkan seni budaya pada anak usia dini akan mendorong anak untuk melestarikan budaya bangsa,” kata Rohima.


Kegiatan berlangsung selama empat hari mulai dengan acara pembukaan Selasa (9/5) dan akan berakhir pada Jumat (12/5). 


Rangkaian kegiatan di antaranya memainkan alat musik tradisional, menari, pantun pasambahan dan makan bajamba.


“Hari ini kita ada kegiatan belajar di alam terbuka bersama orang tua dan guru. 

Ada tarian massal yang melibatkan 141 anak. Hari berikutnya ada pagelaran permainan anak nagari dan pawai budaya di kelurahan. Pada hari terakhir digelar pasar tradisional di halaman sekolah,” jelasnya.


Rohima berharap, dengan kegiatan ini anak dapat terbiasa dengan perbedaan dan mampu menghormati kebudayaan suku maupun bangsa lain yang berbeda dengannya, sehingga dapat membentuk karakter positif di dalam diri anak. (syam)