Anggota VI BPK RI Berikan Kuliah Umum dan Bedah Buku Aldera Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999 -->

Iklan Atas

Anggota VI BPK RI Berikan Kuliah Umum dan Bedah Buku Aldera Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999

Senin, 08 Mei 2023

 





















.
Padang, fajardumbar.com - Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) , Dr. Pius Lustrilanang, S.IP., M.Si., CFRA.,CSFA berikan kuliah umum kepada mahasiswa UNP, Senin (8/05/2023) di Auditorium UNP, Kampus Air Tawar, Padang


Pada kuliah umum ini juga dilaksanakan bedah buku Aldera Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999. Buku Aldera dibedah oleh dua narasumber yakni Dr. Eka Vidya Putra, S.Sos., M.Si (Dosen Departemen Sosiologi Politik UNP), Dr. (Cand). Hendra Naldi, S.S., M.Hum (Dosen Departemen Sejarah Sosial UNP) yang dimoderatori oleh Krismadinata, M.T., Ph.D (Dosen Departemen Elektro UNP). Hadir pada kegiatan ini Rektor UNP, wakil rektor, sekretaris universitas, dekan, ketua lembaga, kepala badan, kepala biro dan 1.500an mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) UNP.


Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D ketika membuka kegiatan kuliah umum sangat mengapresiasi buku Aldera ini. “Di Era kemajuan ini, kita dituntut untuk belajar berpikir kreatif dan kritis. Buku ini juga menjelaskan perjuangan kaum-kaum muda dalam perjuangan reformasi tahun 1993-1999. Spirit dari buku Aldera yakni buku ini menjadi inspirasi bagi generasi muda, saksi historis kaum muda sebagai agen perubahan, buku ini mengenai perjuangan dan kegigihan Dr. Lustri Lanang” disampaikan Rektor UNP. 


Lebih lanjut, Rektor UNP menambahkan bahwa buku Aldera ini menebarkan nilai-nilai pendidikan karakter yakni Nasionalisme (cinta tanah air melawan kolonialisme, kapitalisme, dan otoriterian), Demokrasi (perjuangan atas nama rakyat untuk kepentingan rakyat), Kemandirian (Aldera dan SMID murni untuk kepentingan rakyat tanpa ada yang menunggangi), Heroisme (Dr. Pius pantang menyerah walau berbenteran dengan militer bahkan diculik sekalipun), dan Solidaritas Sosial bahwa sebuah perjuangan harus dibarengi dengan semangat kebersamaan). 


Keynote speaker Pius Lustrilanang, S.IP., M.Si., CFRA.,CSFA pada kuliah umum menceritakan bagaimana potret perjuangan Gerakan politik. Rekaman berbagai peristiwa yang terjadi dirangkai dalam bentuk cerita oleh Dr. Pius dihadapan ribuan mahasiswa UNP, serta cerita masa lalu perjuangan Dr. Pius sebagai inspirasi dan mengajak kaum muda untuk melanjutkan perjuangan reformasi dan demokrasi yang dahulunya telah diperjuangkan oleh para aktivis pada tahun 1998. 


“Pergerakan kaum muda telah terbukti mempunyai andil dan kontribusi dalam sejarah bangsa Indonesia. Gerakan kaum muda seperti kebangkitan nasional, sumpah pemuda, kemerdekaan Indonesia, dan lainnya. Salah satu organisasi mahasiswa dalam reformasi 1998 adalah Aliansi Demokrasi Rakyat (ALDERA) yang telah berjuang jauh hari sebelum reformasi tersebut terjadi, sejak awal 1990an. Dr. Pius mengajak seluruh mahasiswa untuk dapat berpikir sistematis dan kritis terhadap fenomena kaum muda kontemporer” pungkas Dr. Pius. 


Kegiatan kuliah umum ini diakhiri dengan penandatanganan buku Aldera dan penanaman bibit Pohon Demokrasi oleh Anggota VI BPK RI, Dr. Pius Lustrilanang, S.IP., M.Si., CFRA.,CSFA, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dan pimpinan UNP lainnya.(***)