Bupati Eka Putra Audiensi Dengan IGPPL, Penulis Itu Tidak Ada Pensiunnya -->

Iklan Atas

Bupati Eka Putra Audiensi Dengan IGPPL, Penulis Itu Tidak Ada Pensiunnya

Senin, 22 Mei 2023

Bupati Eka Putra audiensi bersama guru penggiat literasi se Tanah Datar


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, didampingi Bunda Literasi Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Hari Otonomi Daerah dan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, penuhi janjinya yang diucapkan setahun lalu di Hotel Pusako Bukittinggi, untuk bertemu dengan Ikatan Guru Penulis dan Penggiat Literasi (IGPPL). 


Pada pertemuan sekaligus audiensi yang digelar di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Senin (22/5/23), juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi bersama Sekretaris Dinas In Hendri Abas dan seluruh anggota IGPPL, serta juga beberapa orang siswa.


Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi dalam laporannya menyampaikan, bahwa sejak dilakukan pelatihan pada Februari tahun lalu di Hotel Pusako Bukittinggi, sampai saat ini IGPPL Tanah Datar sudah menghasilkan karya sebanyak 132 buku dari 350 peserta.


"Pertemuan dengan pak Bupati hari ini, kami harapkan menjadi sebuah langkah yang tepat, untuk memberikan motivasi kepada para guru dan siswa untuk berkarya, sehingga akan menjadi referensi bagi yang lain," ujarnya.


Selain itu, Riswandi juga menyebutkan, bahwa karya-karya ini merupakan bentuk dan bukti keseriusan IGPPL, didalam memotivasi anak-anak untuk ikut menulis dan melahirkan sebuah karya.


Sementara itu, Bunda Literasi Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra menyampaikan, 132 karya yang diciptakan oleh IGPPL Tanah Datar patut mendapatkan apresiasi. Ia berharap ini bisa terus berlanjut, dengan menghasilkan karya-karya yang semakin banyak dan semakin bagus.


“Saya pernah membaca karya Socrates yang mengatakan ‘Pendidikan itu bukan mengisi bejana, tapi menghidupkan api’ jadi kalau api yang dihidupkan akan menimbulkan cahaya dimana-mana. Cahaya akan menuntun kepada kebaikan, kearah yang lebih terang. Kalau api yang kita hidupkan, dia akan bisa menerangi dan bisa mencari sesuatu yang akan melahirkan sebuah inovasi dan kreatifitas yang lebih bagus lagi,” kata Ny. Lise.


“Jadi harapan Saya, dari para guru ini nantinya akan bisa menghidupkan api supaya lebih menyala dan lebih terang lagi dimasa yang akan datang, sehingga anak-anak kita bisa mengikutinya,” pungkasnya.


Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya katakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan apresiasi kepada IGPPL Tanah Datar, yang telah melahirkan 132 karya.


"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi, kepada para guru dan siswa serta seluruh yang terlibat. Walaupun baru 132 karya dan masih belum semuanya, tetapi ini sudah melebihi target yang Saya berikan. Mudah-mudahan semangat ini terus mengalir dengan baik, kepada para generasi kita, maupun kepada para guru yang lainnya," sampainya.


Bupati juga mengharapkan kepada IGPPL, siswa dan mahasiswa, untuk terus bersemangat dan terus maju. "Penulis itu tidak ada pensiunnya, tidak ada kata berhenti, kita terus berkarya yang gunanya untuk memberikan motivasi dan semangat, kepada generasi yang ada di Tanah Datar. Untuk itu sekali lagi Saya ucapkan selamat, pertemuan ini bagi Saya sangat bermakna sekali," katanya


Selain itu pesan Bupati, kepada para guru yang ada di Tanah Datar, juga diharapkan selalu siap dalam membantu pemerintah, terutama di dalam mencerdaskan anak nagari. (F12)