Bupati Hamsuardi Panen Ikan Nila, Program Ketahanan Pangan Nagari Lingkuang Aua -->

Iklan Atas

Bupati Hamsuardi Panen Ikan Nila, Program Ketahanan Pangan Nagari Lingkuang Aua

Sabtu, 20 Mei 2023

 

Bupati saat Panen Ikan.


Pasbar, fajarsumbar.com- Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi didampingi Kepala Dinas terkait, Camat Pasaman, Pj Wali Nagari Lingkuang Aua dan stakeholder terkait lainnya melakukan panen Ikan Nila Program Ketahanan Pangan Nagari Lingkuang Aua, di Jalan KKN Kecamatan Pasaman, Sabtu (20/5). 


Bupati Hamsuardi dalam kesempatan itu berharap, kegiatan yang dilakukan dapat dikembangkan menjadi bisnis. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada wali nagari, Bamus, dan masyarakat Lingkuang Aua yang telah menggagas program itu sehingga kegiatan yang dilakukan membawa manfaat bagi masyarakat. 


"Kebutuhan ikan di Pasbar masih sangat tinggi, dibutuhkan disiplin yang tinggi melalui wali, Bamus, penyuluh agar berusaha membentuk kelompok-kelompok di bidang perikanan ini. Hitung berapa modal, berapa keuntungan, butuh berapa tenaga kerja hingga menjadi usaha pendapatan yang tetap. Misalnya dengan modal 30 ribu ikan kecil, diberi makanan selama 3 bulan sehingga ketika dijual bisa menjadi 150 ribu," jelasnya. 


Kecamatan Pasaman tambahnya, adalah ibu kota kabupaten yang harus menjadi contoh bagi nagari dan kecamatan lain.


"Sebagian besar usaha yang dilakukan di Kecamatan Pasaman penjualannya pasti laku, sehingga hasil nantinya dapat digabung ke Bumnag," ucapnya.


Ia juga mengajak masyarakat Lingkuang Aua untuk meramaikan masjid serta mendukung program unggulan Pemda Pasbar berobat gratis, Magrib Mengaji, Tahfidz Al-Qur'an, beasiswa bagi siswa berprestasi dan lainnya. 


Sementara Pj Wali Nagari Lingkuang Aua Hendra Mulyakna mengungkapkan, kegiatan budidaya ikan nila itu merupakan Nagari Lingkuang Aua tahun 2022 yang bersumber dari dana desa. Tujuan kegiatan itu adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan hewani di Nagari Lingkuang Aua. Rincian kegiatan hari itu diantaranya bibit ikan sebanyak 30.000 ekor, pakan ikan 9 ton serta keramba dan udang. (Jd)