Bupati Serahkan Bantuan Baznas Kepada Korban Kebakaran di Kumango -->

Iklan Atas

Bupati Serahkan Bantuan Baznas Kepada Korban Kebakaran di Kumango

Selasa, 09 Mei 2023

Bupati Eka Putra serahkan bantuan Baznas untuk korban kebakaran di Kumango


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), berikan bantuan kepada keluarga korban bencana kebakaran, di Jorong Kumango Selatan, Nagari Kumango, Kecamatan Sungai Tarab. Bantuan senilai Rp. 7,5 juta tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, kepada keluarga korban Susi, Senin (8/5/23).


Ikut mendampingi Bupati anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Plt. Camat Sungai Tarab Sri Handayani beserta Forkopimca, Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra dan segenap jajaran Pemerintahan Nagari. 


Sebagai informasi, bencana kebakaran tersebut terjadi pada hari Rabu tanggal 3 Mei sekitar jam 11 malam. Bencana kebakaran yang diduga akibat sambungan arus pendek itu, mengakibatkan Samsinur (89) yang merupakan pemilik rumah meninggal dunia, dan menghanguskan rumah semi permanen, yang dihuni bersama cucunya Susi Susanti sekeluarga. 


Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra menyampaikan turut berbelasungkawa, atas meninggalnya almarhumah Samsinur akibat kebakaran, yang menghanguskan rumahnya dan kepada keluarga yang ditinggalkan, juga diminta untuk bersabar dalam menghadapi cobaan ini. 


"Kami mendoakan semoga almarhumah husnul khatimah, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran oleh Allah SWT, Aamiin. Musibah ini adalah ujian bagi kita, mudah-mudahan kita semua selalu istiqomah dan sadar, bahwa musibah ini merupakan bukti kasih sayang Allah kepada hambanya," ujar Bupati. 


Sementara, sebagai bentuk dukungan Pemerintah kepada korban termasuk Zal (suami Susi) yang mengalami patah tulang sewaktu musibah kebakaran terjadi akan dibantu biaya pengobatannya melalui Baznas Tanah Datar. 


Selain itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih, kepada Wali Nagari Kumango beserta jajarannya, yang telah berusaha maksimal untuk membantu korban. 


Bupati Eka Putra juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Datar, untuk selalu waspada terhadap bencana yang bisa datang kapan saja. "Saat ini musim hujan dan angin kencang, untuk itu Saya imbau kepada masyarakat, untuk selalu waspada terutama saat malam hari. Mari kita berdoa supaya dijauhkan dari bencana, namun demikian Pemda akan selalu ada dan akan membantu semaksimal mungkin, apabila ada masyarakat yang mengalami musibah atau bencana," sampainya. 


Senada dengan itu, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah juga mengharapkan, agar masyarakat mau menyalurkan zakat melalui Baznas, sehingga pihaknya bisa manaikkan jumlah bantuan kepada masyarakat Tanah Datar, yang sedang mengalami musibah maupun kebutuhan yang lainnya. 


Di kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak kepada masyarakat Tanah Datar untuk menyalurkan zakat mereka melalui Baznas, karena zakat yang dikumpulkan malalui Baznas gunanya untuk membantu masyarakat Tanah Datar yang membutuhkan melalui program yang ada. 


Di kesempatan yang sama, Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra menyampaikan pihaknya juga melakukan berbagai upaya untuk meringankan beban duka yang menimpa salah satu warganya dengan mencari peluang bantuan melalui berbagai pihak termasuk perantau, selain itu juga melakukan gotong royong untuk membantu korban. 


Sementara, anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari di kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan seng sebanyak 2 Kodi. (F12)