Bupati Suhatri Bur, BMKG Stasiun Klimatologi Sumbar Sangat Butuh Dukungan Peningkatan Dari Pemerintah Pusat -->

Iklan Atas

Bupati Suhatri Bur, BMKG Stasiun Klimatologi Sumbar Sangat Butuh Dukungan Peningkatan Dari Pemerintah Pusat

Jumat, 26 Mei 2023
Bupati Suhatri Bur bersama anggota Komisi V DPR RI ketika berada di Komplex BMKG Klimatologi Sumbar di Nagari Kepala Hilalang, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Kamis 25 Mei 2023 (foto.ikp)


Parik Malintang - Komisi V DPR RI  dipimpin Wakil Ketua Muhammad Iqbal lakukan kunjungan kerja spesifik ke Padang Pariaman, dalam rangka peninjauan dan memberikan dukungan kepada Stasiun Klimatologi Sumatera Barat (Sumbar) yang berada di Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kamis (25/05/23). 


Kedatangan rombongan Komisi V DPR RI ini, diterima Bupati Suhatri Bur yang didampingi kepala perangkat daerah dan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Sumbar Heron Tarigan, Camat dan wali Nagari setempat.


Bupati Suhatri Bur menggambarkan struktur dan kondisi alam Kabupaten Padang Pariaman dengan topografi wilayah, termasuk iklim tropis besar yang memiliki musim kering sangat pendek, juga wilayah daratan sangat dipengaruhi angin laut.


"Sumbar pada umumnya, dan khususnya Padang Pariaman memiliki potensi alam yang rawan bencana. Sehingga keberadaan Stasiun Klimatologi ini, dipandang sangat penting" ungkap dia.


Keberadaan BMKG, khususnya Stasiun Klimatologi Sumbar di Padang Pariaman ini, Suhatri Bur memandang sangat membantu dalam mendeteksi cuaca. Juga memberikan informasi lebih cepat dan akurat tentang kebencanaan kepada masyarakat. 


Sejauh ini, sebut Bupati Suhatri Bur, BMKG Stasiun Klimatologi ini sangat efektif dan berperan maksimal. Sehingga sangat menjadi andalan pemerintah daerah dalam mensuplai data dan informasi-informasi kebencanaan di wilayah Provinsi Sumbar.


Dia berharap, agar ada peningkatan fungsi dan perannya dengan dukungan untuk berbagai kebutuhan dari Pemerintah Pusat. 


"Peningkatan dan pemeliharaan kapasitas serta kualitas peralatan operasional, agar dukungan layanan cuaca dan data bencana akan semakin meningkat pula. Juga dukungan sumber daya manusia yang berkualitas di BMKG Stasiun Klimatologi Sumbar di Kepala Hilalang ini" sebut Suhatri Bur mengakhiri.


Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menyatakan, kunjungannya ini untuk memberikan dukungan kepada BMKG Stasiun Klimatologi Sumbar.


Menurut dia, BMKG berwenang menjaga keselamatan jiwa, memberi layanan informasi cuaca dan iklim secara luas, cepat, tepat dan akurat. 


"Sehingga mudah dipahami masyarakat, maka perlu adanya peningkatan ketersediaan fasilitas dan sumber daya yang berkualitas," sebutnya didampingi Plt Deputi Klimatologi BMKG Urip Haryoko. 


Kemudian Muhammad Iqbal menilai, secara umum peralatan BMKG masih berfungsi dengan baik. Namun demikian, kata dia, perlu ada peningkatan. Apalagi bagi alat-alat yang fungsinya terlihat kurang maksimal. Padahal, agar dapat mencegah terjadi kesalahan informasi, apabila terjadi musibah. 


"Keberadaan Stasiun Klimatologi itu sangat vital, BMKG harus memastikan informasi yang sampai ke masyarakat itu harus benar adanya" kata Muhammad Iqbal menegaskan.


Dalam kunjungan Komisi V DPR RI beranggotakan 15 orang ini, juga ikut dari jajaran BMKG wilayah Sumatera, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar, Pimpinan BUMN/BUMD, serta lembaga dan instansi vertikal lainya di wilayah kerja Sumbar. (r/saco)