Bupati Suhatri Bur Pimpin Upacara Peringati Hari Otoda XXVII dan Hardiknas 2023 -->

Iklan Atas

Bupati Suhatri Bur Pimpin Upacara Peringati Hari Otoda XXVII dan Hardiknas 2023

Selasa, 02 Mei 2023
Bupati Suhatri Bur bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringati Otoda XXVII dan Hardiknas tahun 2023 di halaman Kantor Bupati, Parik Malintang, Selasa 2 Mei 2023 (foto.ikp)


Parik Malintang
- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman peringati Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVII dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 dengan menggelar upacara gabungan, bertempat di Halaman Kantor Bupat, Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Selasa (02/05/23).


Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Suhatri Bur yang diikuti seluruh pejabat beserta ASN di lingkungan Pemkab Padang Pariaman. Juga terlihat Wabup Rahmang, unsur Forkopimda, Ketua DPRD Arwinsyah, Sekdakab Rudy Repenaldi Rilis, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama jajaran, Pimpinan BUMN/BUMD, perusahaan, dan Pimpinan instansi vertikal, Camat, Kepala Sekolah serta undangan lainya.


Bupati Suhatri Bur dalam pidatonya mengajak agar melakukan refleksi sejenak, memahami esensi filosofis dari ditetapkannya otonomi daerah yang sudah berusia 27 tahun.


Dia menyebutkan, pelaksanaan Otoda dengan mendesentralisasikan sebagian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Disamping itu, untuk memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.


"Otoda telah 27 tahun berlalu, memberikan dampak positif. Hal ini dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan bertambahnya PAD" ungkap Suhatri Bur.


Ia menjelaskan, Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) merupakan upaya Pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri.


Sehingga P3DN, kata dia, maka perlu senantiasa didorong dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Makanya Pemerintah, menerbitkan PP 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri yang didalamnya mengatur mengenai kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai penunjang pelaksanaannya. 


"Saya mengajak, mari kita menjaga stabilitas harga, sehingga tidak terjadi inflasi yang dapat memberatkan rakyat. Kunci utama untuk mencapai itu pada unsur Sumber Daya Manusia. Terutama ASN yang berintegritas, profesional, kompeten dan dapat bekerjasama secara kolaboratif" tutur Ketua DPD PAN Padang Pariaman ini.


Bupati Suhatri Bur juga menghimbau para guru untuk berlomba dalam berkarya dan berinovasi guna mendukung merdeka belajar para peserta didik.


Dia menyebutkan, dalam peringatan Hardiknas tahun 2023 ini, Pemerintah telah meluncurkan 24 episode merdeka belajar. 


"Kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara. Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan. Juga kebahagiaan yang setingi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat," ujar Bupati Suhatri Bur mengakhiri.


Usai prosesi upacara, kegiatan dilanjutkan dengan halal bi halal dan rapat evaluasi dalam upaya percepatan realisasi program pemerintah daerah pada seluruh perangkat daerah.


Rapat evaluasi dipimpin Bupati Suhatri Bur yang diikuti seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Padang Pariaman.(ikp/saco).