Cerita Kesigapan Petugas dan Penumpang KA Walahar Bantu Proses Kelahiran di Gerbong Kereta -->

Iklan Atas

Cerita Kesigapan Petugas dan Penumpang KA Walahar Bantu Proses Kelahiran di Gerbong Kereta

Jumat, 19 Mei 2023

Petugas dan penumpang KA Walahar berhasil bantu ibu melahirkan dengan selamat di atas gerbong.


Jakarta - Seorang ibu melahirkan anak di atas kereta rel listrik (KRL) KA Walahar pada Kamis (18/5) pagi. Persalinan itu juga dibantu penumpang KRL dan petugas keamanan kereta. 


VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan saat naik kereta ibu tersebut dalam keadaan hamil tua dan duduk di bangku prioritas. Dalam perjalanan menuju Stasiun Cikarang, ibu itu mengalami kontraksi.


“Dalam perjalanan menuju Stasiun Cikarang, pengguna yang hamil mengalami kontraksi. Bertepatan pada saat petugas keamanan mobile untuk memeriksa antar kereta. Pengguna tersebut naik dari Stasiun Cibungur,” kata Anne dalam keterangannya, Jumat (19/5/2023), sebagaimana dikutip iNews.id.


Petugas dengan sigap langsung membantu seorang ibu itu menahan sakit dan mencari pengguna KRL yang berprofesi sebagai dokter atau bidan. Adapun tujuannya untuk membantu persalinan sang ibu.


Namun, tidak ada pengguna yang berprofesi sebagai dokter atau bidan. Akhirnya pengguna KRL perempuan lainnya pun membantu ibu itu. Adapun anak perempuan pun berhasil dilahirkan dalam keadaan selamat. “Dengan bantuan pengguna perempuan lainnya, dengan peralatan seadanya pula dan dengan selamat lahir bayi perempuan di atas KA Walahar,” katanya.


Petugas keamanan kereta kemudian berkoordinasi dengan petugas di Stasiun Cikampek untuk mempersiapkan tandu guna memberikan pertolongan kepada ibu dan bayi.  “Setelah kondisi pengguna dinyatakan stabil, selanjutnya dirujuk ke RS Izza Cikampek,” katanya.(*)