Diplomat Indonesia Selamat dalam Penembakan di Myanmar, Kaca Mobil Pecah Kena Peluru -->

Iklan Atas

Diplomat Indonesia Selamat dalam Penembakan di Myanmar, Kaca Mobil Pecah Kena Peluru

Selasa, 09 Mei 2023

Ilustrasi 



Jakarta- Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah memastikan diplomat Indonesia selamat dalam serangan kelompok bersenjata di Myanmar, Minggu (7/5/2023). Para diplomat itu bagian dari rombongan misi ASEAN yang akan mengirim bantuan kemanusiaan di Kota Hsi Hseng, Negara Bagian Shan. "Kondisinya baik," kata Faizasyah.


Sampai saat ini belum ada pihak mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun media pemerintah Myanmar, Selasa (9/5/2023), melaporkan serangan dilakukan sekelompok teroris dengan senjata ringan. Konvoi diplomat ASEAN itu sedianya mengirim bantuan kemanusiaan untuk pengungsi di Kota Hsi Hseng. Namun mereka terpaksa kembali ke Yangon akibat serangan tersebut, sebagaimana dikutip iNews.id.


Tidak ada korban, meski tayangan menunjukkan sebuah mobil pikap mengalami kerusakan.  Kaca jendela mobil pikap pecah akibat terjangan peluru. Rombongan itu terdiri atas staf Kedutaan Besar RI dan Singapura serta personel dari pusat bantuan kemanusiaan ASEAN. 


Dua staf Kedubes Singapura juga selamat dan telah kembali ke Yangon. "Hanya dialog konstruktif di antara semua pemangku kepentingan di Myanmar yang dapat memfasilitasi solusi damai untuk kepentingan rakyat Myanmar," bunyi pernyataan Kemlu Singapura.


Amerika Serikat juga mengecam serangan itu seraya mendesak militer Myanmar untuk menerapkan konsensus perdamaian yang disepakati di Jakarta pada pada April 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kejadian baku tembak tidak akan menghalangi upaya Indonesia dan ASEAN untuk mendorong perdamaian di Myanmar. “Rakyat yang akan menjadi korban karena kondisi ini tidak akan membuat siapa pun menang. Saya mengajak marilah kita duduk bersama, ciptakan ruang dialog untuk mencari solusi bersama,” kata Jokowi.(*)