Generasi Muda Solok Selatan Bersiap Jadi Duta GenRe Menuju Indonesia Emas 2045 -->

Iklan Atas

Generasi Muda Solok Selatan Bersiap Jadi Duta GenRe Menuju Indonesia Emas 2045

Senin, 22 Mei 2023

Peserta GenRe dari kalangan anak muda mengikuti acara audisi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Solok Selatan


Solsel, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berharap agar seluruh generasi muda di kabupaten ini dapat menjadi generasi yang terencana, berpendidikan, berkarir, serta anggota masyarakat yang baik, dan membangun keluarga berkualitas. Tujuan ini merupakan bagian dari upaya mencapai visi Indonesia emas tahun 2045.

Bupati Solok Selatan, H. Khairunas, mengungkapkan bahwa visi tersebut dapat tercapai jika generasi remaja di Kabupaten Solok Selatan ini menjadi Generasi Berencana (GenRe).

"GenRe ini melibatkan perencanaan dalam mempersiapkan dan menghadapi lima transisi kehidupan remaja, dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mendapatkan pendidikan, memulai karir, menjadi anggota masyarakat yang baik, serta membangun keluarga berkualitas," ujar Khairunas dalam pembukaan Audisi Duta GenRe Solok Selatan di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan, pada Senin (22/5/2023).

Sebagai Bupati dan juga Ayah dari GenRe Solok Selatan, Khairunas menyatakan bahwa audisi ini diadakan untuk mempersiapkan generasi muda atau young generation yang memiliki keterampilan untuk membantu pembangunan dan menjadi ikon remaja yang baik. Mereka juga diharapkan dapat mengajak remaja lainnya untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak masa depan.

Dengan terpilihnya Duta GenRe, mereka akan menjadi contoh teladan sebagai remaja yang memiliki perencanaan dalam hidupnya. Mereka juga akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan edukasi, konseling, serta mencegah pernikahan dini, seks pranikah, dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Solok Selatan.

Sebanyak 87 orang remaja dengan usia 16-20 tahun ikut serta dalam audisi ini, mewakili sekolah-sekolah dan nagari di Solok Selatan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera, Yenni Efrianti, mengungkapkan bahwa rangkaian kegiatan ini diselenggarakan untuk mempersiapkan generasi muda Solok Selatan agar mampu memanfaatkan bonus demografi yang telah diberikan oleh berbagai pihak dengan mengembangkan dan meningkatkan kualitas remaja.

Diharapkan audisi ini akan menghasilkan 15 pasang peserta yang akan bersaing dalam grand final tingkat Kabupaten Solok Selatan. Pasangan tersebut akan menjadi Duta GenRe yang akan berkompetisi di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

"Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan dan membangun kreativitas, keterampilan, serta membangkitkan semangat baru, sekaligus meningkatkan komitmen dan partisipasi remaja terhadap program GenRe sebagai wujud dari revolusi mental," tambahnya.

Tim juri terdiri dari psikolog, pengelola program pembangunan keluarga di DP2KB, Forum GenRe Kabupaten Solok Selatan, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Selatan.

Duta GenRe yang terpilih diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan perilaku remaja baik di dalam maupun di luar sekolah. Mereka akan menjadi teladan bagi remaja lain dengan kemampuan, keterampilan, dan kreativitas dalam mengelola dan melaksanakan Program Pendidikan, Informasi, dan Komunikasi Remaja (PIK-R/M) di Solok Selatan.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah, Ketua TP-PKK yang juga Bunda GenRe Solok Selatan, Ketua GOW dan Ketua DWP, jajaran Kepala OPD, serta perangkat nagari. (Abg)