Halal Bihalal Idul Fitri 2023, Pererat Silaturahmi Civitas Akademika Unand -->

Iklan Atas

Halal Bihalal Idul Fitri 2023, Pererat Silaturahmi Civitas Akademika Unand

Selasa, 02 Mei 2023

 

.

Padang, FajarSumbar.com -Universitas Andalas (Unand) menggelar, kegiatan Halal Bihalal  Idul Fitri 1444. H di Auditorium kampus Unand Limau Manis Padang, Selasa (2/5/2023).


Pada k
egiatan halal bilhalal ini, juga menghadirkan penceramah H. Kamrizal Syafri, dengan topik "Merawat Nilai-nilai Ramadan".

Halal Bihalal yang berlangsung khitmad itu, selain dihadiri para Wakil Rektor, pimpinan Fakultas, Ketua Majelis Amanat Unand Prof Dr. Werry Darta Taifur, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa itu, juga hadir Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) Sakti Wahyu Trenggono.

Dalam sambutanya, Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri. SH. MH mengatakan, kegiatan halal bihalal ini, telah menjadi tradisi bagi Unand dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahmi dan saling bermaafan pasca perayaan hari raya Idul Fitri 1444. H.

Menurut Prof Yuliandri, melalui halal bihalal ini, adalah suatu momentum yang tepat untuk membentuk dan menjadikan pribadi yang lebih baik, guna mempererat hubungan silaturahmi, sehingga terjalin suatu kebersamaan yang lebih baik kedepan.

Dengan semakin diperkuatnya hubungan silaturahmi antara sesama, maka target Unand sebagai World Class University dapat tercapai.

"Apalagi masa jabatan saya sebagai Rektor Unand akan berakhir pada 25 November mendatang.

"Dengan Rektor yang baru nantinya dapat mengoptimalkan program rektor sebelumnya," sebutnya.

Dengan demikian, kata Yuliandri dapat menjaga kebersamaan dan saling bekerja sama. "Semuanya saling memaafkan, tidak boleh ada lagi ganjalan di hati baik kepada sesama atau atasan," ucapnya.

Sementara itu, Menteri KKP RI Sakti Wahyu Trenggono secara virtual mengatakan, kegiatan Halal Bihalal ini sebagai sarana untuk merajut kembali hubungan persaudaraan yang mulai retak dan menyambung kembali tali silaturrahmi yang tersa renggang dan terputus.

Tak hanya itu, termasuk membangun kembali rasa saling kasih sesama, karena kita semua tak pernah luput dari apa yang namanya salah dan dosa.

"Semoga kita yang telah usai melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan dan mohon ampun kepada Allah SWT. "Kemudian Proaktif merajut kebersamaan di tengah-tengah masyarakat," ujar Ketua Majelis Wali Amanat Unand itu.

Ditempat yang sama, dalam ceramahnya H. Kamrizal Syafri menyebutkan, prinsip dari kegiatan Halal bilhalal ini, terutama untuk melanjutkan hakekat Ramadan dan saling menjalin hubungan silaturahmi.

Jika merasa bersalah dalam bergaul selama ini, maka kita bisa langsung saling memaafkan.

"Kedepan kita harus berbuat baik sebanyak mungkin, baik terhadap diri sendiri dan keluarga maupun dengan masyarakat," tutupnya.

Sementara itu, sebelum acara halal bihalal, Unand juga  memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, dalam suatu upacara dihalaman Kampus Unand Limau Manis Padang, dengan Inspektur Upacara Rektor Unand Profesor, Dr. Yuliandri. SH. MH.(RDz)