Israel Gempur Gaza, Bunuh 3 Komandan Senior Jihad Islam -->

Iklan Atas

Israel Gempur Gaza, Bunuh 3 Komandan Senior Jihad Islam

Selasa, 09 Mei 2023

Api dari sebuah ledakan menerangi langit yang gelap di Kota Gaza, Palestina, menyusul serangan udara oleh militer Israel, bulan lalu.



Gaza– Israel membunuh tiga komandan senior Jihad Islam dalam serangan udara di Gaza. Hal itu diungkapkan oleh para pejabat Palestina, dan militer Israel pun membenarkan pihaknya melakukan operasi terhadap kelompok tersebut sebelum fajar pada Selasa (9/5/2023). Petugas medis mengatakan, sedikitnya enam warga Palestina tewas dalam serangan udara zionis hari ini. Tiga di antaranya adalah warga sipil. Sementara itu, beberapa orang lainnya luka-luka.


Militer Israel mengatakan, pihaknya menyasar tiga komandan senior Jihad Islam, kelompok bersenjata paling kuat kedua di Gaza. Dua orang sumber dari Jihad Islam juga mengonfirmasi kematian para komandan mereka tersebut. 


Ledakan dahsyat mengguncang Gaza dan sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan asap mengepul dan api menerangi langit yang gelap di kota itu. Kantor berita Reuters belum dapat segera memverifikasi video itu, sebagaimana dikutip iNews.id.


Pekan lalu, kematian seorang tahanan Palestina yang mogok makan dalam penjara Israel memicu pertempuran lintas batas antara Israel dan kelompok bersenjata di Gaza selama beberapa jam. Seorang pria Palestina tewas dalam pertempuran kala itu.


Sudah lebih dari satu tahun kekerasan Israel terhadap Palestina meningkat dengan signifikan. Serangan militer Israel berulang kali menyasar Gaza, seiring dengan kekerasan oleh para pemukim Yahudi yang juga meningkat di Tepi Barat.  


Sementara itu, serangan jalanan oleh rakyat Palestina yang menyasar warga Israel juga cukup marak terjadi. Lebih dari 90 warga Palestina dan setidaknya 19 warga Israel dan asing telah tewas sejak Januari tahun ini.(*)