Jokowi Ungkap Volume Perdagangan Segitiga Emas RI-Malaysia-Thailand Tinggi meski Dilanda Krisis Global -->

Iklan Atas

Jokowi Ungkap Volume Perdagangan Segitiga Emas RI-Malaysia-Thailand Tinggi meski Dilanda Krisis Global

Kamis, 11 Mei 2023

Dalam sesi Retreat dan KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), Presiden Jokowi menyebut volume perdagangan capai 618 miliar dolar AS di 2021


Labuan Bajo - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin dua dari tiga pertemuan yang digelar pada hari terakhir pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, Kamis (11/5/2023). Pertemuan pertama yang dipimpin Jokowi adalah Sesi Retreat dan KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).


Jokowi menyebut kerja sama IMT-GT yang berusia ke-30 tahun. Selain itu, ketiga negara ini menjadi segitiga emas bagi 85 juta penduduk di tiga negara, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Saya senang meskipun dilanda krisis global, volume perdagangan IMT-GT berhasil capai 618 miliar dolar AS di tahun 2021," ujar Jokowi pada KTT ke-15 IMT-GT, Kamis (11/5/2023).


Jokowi berharap, ke depan IMT-GT semakin mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.


Adapun, Jokowi mengatakan tantangan ke depan tidak mudah. Ketidakpastian masih tinggi, rivalitas masih tajam dan efek domino goncangan ekonomi global masih terus mengancam.


"Mari kobarkan semangat kolaborasi, khususnya dengan meningkatkan daya saing, konektivitas, pariwisata dan investasi, untuk mencapai Visi IMT-GT tahun 2036," ucapnya. (*)