Kampung KB dan Rumah DataKu Silaing Indah Resmi Beroperasi -->

Iklan Atas

Kampung KB dan Rumah DataKu Silaing Indah Resmi Beroperasi

Jumat, 12 Mei 2023

 

Foto bersama usai peresmian Kampung KB dan Rumah DataKu Silaing Indah di Kelurahan Silaing  Bawah, Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) dan Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu) Silaing Indah, di RT 19 Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) resmi beroperasi, Kamis (11/5).


Menyusul peresmian oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Yas Edizarwin, S H didampingi Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA), Yetti Syofyarni, M.E. 


Peresmian ditandai pengguntingan pita pada gedung yang sebelumnya digunakan untuk pos ronda. Pada tempat yang sama dilakukan penandatangan prasasti Kampung KB dan Rumah DataKu itu. 


Yas menyampaikan, untuk mewujudkan Kampung KB memerlukan sinergi, kolaborasi dan kerja sama semua pihak. Dikoordinir oleh unsur pemerintahan yang bersifat kewilayahan. 

Kampung KB ini juga menjadi suatu potensi besar bagi pemerintah dalam upaya penurunan angka stunting yang merupakan prioritas pembangunan nasional saat ini.


“Keberadaan Kampung KB tidak hanya mengatasi persoalan ledakan penduduk tetapi juga dapat dipergunakan untuk memberdayakan potensi masyarakat, agar dapat berperan secara nyata dalam proses pembangunan khususnya di Kota Padang Panjang,” ujarnya.


Dikatakansaat ini target Padang Panjang di seluruh kelurahan ada Kampung KB, penanggulangan stunting, penurunan angka kematian ibu hamil/melahirkan, penurunan angka kematian bayi, menurunkan angka pasangan usia subur yang ingin anak tapi ditunda dulu dan tidak ingin anak lagi, kesertaan keluarga berencana dan menurunkan angka kemiskinan.


Lurah Silaing Bawah, Yohanes Alatumahu, S.H, menjelaskan, kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kelurahan. Juga merupakan upaya dalam mengedalikan laju pertumbuhan penduduk, serta pembangunan sektor lain guna mewujudkan keluarga kecil berkualitas.


“Alhamdulillah semoga dengan diresmikannya Kampung KB dan Rumah DataKu Silaing Indah ini, bisa berdampak untuk masyarakat menjadi lebih baik,dan melahirkan generasi emas ke depannya,” jelas Yohanes.


Pada kesempatan tersebut, perwakilan Inspektorat Kota juga menyalurkan bantuan Basunting (Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting-red) untuk anak-anak stunting yang ada di kelurahan itu.  


Ikut hadir kepala OPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, kepala Puskesmas dan undangan lainnya. (syam)