Karang Taruna Way Kanan Dikukuhkan Serentak -->

Iklan Atas

Karang Taruna Way Kanan Dikukuhkan Serentak

Senin, 15 Mei 2023
.


Way Kanan - Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri Acara Pengukuhan Serentak Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 di Gedung Pusiban Pemkab Way Kanan, Selasa (16/05/2023) yang dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, H. Dendi Ramadhona K.,S.T.,M.Tr.I.P.


Bupati Adipati mengatakan bahwa Karang Taruna merupakan wadah pengembang generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosial, dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya pemuda. 


Karang Taruna didirikan dengan tujuan antara lain mewujudkan kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial di lingkungannya. Dimana hal tersebut tercermin dari tema yang diangkat pada kegiatan ini, yaitu Bersama Karang Taruna, Pulih Bersama Berdaya Bersama.


“Karang Taruna sebagai motor penggerak perubahan sosial yang diperlukan untuk selalu meningkatkan kualitas kelembagaan, sehingga pada gilirannya dapat membina generasi muda secara lebih efektif dan efisien, khususnya dalam kegiatan usaha yang mendukung laju percepatan pembangunan. 


Dalam setiap momen penting perubahan bangsa senantiasa melibatkan kaum muda sebagai lokomotif penggeraknya. Jika perubahan penting bangsa ini dapat dikategorikan menjadi beberapa tahap, maka pada semua tahapan peran pemuda selalu mengambil andil sebagai penggerak perubahan tersebut”, ujar Bupati Adipati.


Selanjutnya, pada momen pengukuhan tersebut, Bupati Pembina Karang Taruna Kabupaten Way Kanan berharap dapat menggali segala aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial di masing-masing kecamatan sesuai karakteristik yang ada.


Sekaligus menghasilkan rumusan, model maupun strategi penanganan permasalahan sosial kedepan, sehingga secara bertahap tapi pasti grafik permasalahan kesejahteraan sosial khususnya di Kabupaten Way Kanan yang dapat ditekan, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat.


Diketahui, pada Acara tersebut juga diselenggarakan kegiatan Penyerahan Bantuan Sosial berupa bantuan kepada masyarakat kurang mampu dan bantuan masyarakat Stunting. Serta kegiatan sosial Khitanan Massal, Donor Darah dan Bazaar UMKM. Dilanjutkan dengan Diskusi Panel dengan tema “Partisipasi Pemuda Menyongsong Tahun Politik 2024”.


Turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerda, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Instansi Vertikal, Ketua Karang Taruna Kabupaten Way Kanan beserta jajaran, Ketua KNPI Way Kanan, Ketua Organsiasi Profesi, Organsiasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, serta Ketua dan anggota Karang Taruna  Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan. (*/Her)