Kebakaran Malang Plaza, Wali Kota Sutiaji Minta Manajemen Tanggung Jawab -->

Iklan Atas

Kebakaran Malang Plaza, Wali Kota Sutiaji Minta Manajemen Tanggung Jawab

Rabu, 03 Mei 2023

Kondisi terkini Malang Plaza usai kebakaran berhasil dipadamkan.



Malang- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mendorong manajemen Malang Plasa bertanggungjawab pascakebakaran yang menghanguskan ratusan kios pedagang. Hal itu disampaikan langsung Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu (3/5/2023).  



"Kita akan advokasi saudara-saudaran kita untuk menuntut haknya kepada manajemen. Manajemen harus bertanggung jawab," katanya. 


Sutiaji menyatakan, bakal memanggil manajemen Malang Plasa untuk diajak berdiskusi mengenai nasib para pedagang dan pemilik tempat usaha di dalamnya. Ia menegaskan manjemen harus bertanggungjawab sepenuhnya karena pedagang telah menyewa stan ke manajemen. "Yang namanya manajemen nanti akan kita panggil. Kami mediasi untuk mengetahui hak dan kewajiban dari kedua belah pihak," ucap Sutiaji, sebagaimana dikutip iNews.id.


Menurutnya, penyewaan stan ke manajemen juga harus diimbangi dengan pelayanan dan jaminan keamanan serta fasilitas yang baik. "Manajemen harus memikirkan, ketika ada saudara kita yang kemarin tidak bayar sewa dituntut untuk bayar. Ketika dia (pedagang) disana (Malang Plaza) harus ada jaminan keamanan. Mohon sekali lagi dari pihak manajemen untuk memikirkan itu semua. Jadi ketika pedagang menyewa meninggalkan barang-barangnya, kita lihat nanti bagaimana isi kontrak kerja sama atau sewa menyewa isinya apa," katanya.


Nantinya dari poin-poin kerjasama itulah disebut Sutiaji yang akan dimediasi dan didiskusikan oleh Pemkot Malang selaku penengah antara manajemen dan pemilik tempat usaha yang terdampak kebakaran. Sejauh ini data dari posko aduan yang dibuka Pemkot Malang jumlah pengadu terdampak kebakaran Malang Plasa terus bertambah. Total hingga Rabu ini ada sebanyak 151 stan yang terdampak. 


"Jika diakumulasikan kerugian mencapai Rp 55 miliar dari data sementara 151 toko," tuturnya.  Sebelumnya diberitakan, Mal Malang Plaza dikabarkan terbakar pada Selasa dini hari (2/5/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Malang Plaza sendiri merupakan sentra penjualan smartphone dan beberapa peralatan elektronik. 


Di lantai dua mal terdapat ritel pakaian dan bioskop 21 Cinema, sedangkan di lantai tiga terdapat beberapa kios pedagang handphone. Total ada 63 stan yang disebut polisi terbakar, terdiri dari 24 stan di lantai dasar, 3 stan di lantai dua, dan 36 stan di lantai tiga mal. 


Belum diketahui pasti berapa kerugian dari kebakaran ini mengingat saat ini petugas gabungan fokus melakukan pembasahan dan pemadaman api. Api sendiri berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan pada Selasa siang (2/5/2023) sekitar pukul 13.30 WIB. Tercatat lebih dari 12 jam api menghanguskan mal di Jalan Agus Salim Kota Malang.(*)