Kecelakaan Melibatkan Truk Meningkat, Gubernur Minta Polri Aktifkan Tilang Manual -->

Iklan Atas

Kecelakaan Melibatkan Truk Meningkat, Gubernur Minta Polri Aktifkan Tilang Manual

Kamis, 11 Mei 2023

Kecelakaan melibatkan truk barang di Palembang meningkat.


Palembang - Kecelakaan fatal melibatkan truk di Palembang meningkat. Pengawasan dan penindakan terhadap truk angkutan barang di Palembang harus ditingkatkan agar tidak memicu kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. 


Diketahui kecelakaan melibatkan truk sering terjadi di Palembang, karena banyak truk besar dari dan menuju Pelabuhan Boom Baru. Berdasarkan Peraturan Wali Kota Palembang, truk angkutan barang hanya diperbolehkan beroperasi dalam kota pada malam hari. Namun, diduga karena kurangnya pengawasan, tidak sedikit truk nekat masuk dalam Kota Palembang di siang hari, sebagaimana dikutip iNews.id.


Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, Pemprov Sumsel telah menerbitkan SK tentang Sosialisasi Pengawasan dan Penertiban Kendaraan Angkutan Barang di Sumsel tertanggal 8 Mei 2023 lalu.


"Sehubungan dengan meningkatnya kejadian lakalantas yang melibatkan kendaraan angkutan barang di Kota Palembang, maka saya minta tilang manual dihidupkan lagi. Sejauh ini orang tidak takut kalau nggak ditilang," ujarnya, Rabu (10/5/2023).


Dalam SK tersebut, kata Deru, pihaknya meminta aparat terkait segera melakukan sosialisasi, pengawasan dan penertiban terhadap kendaraan angkutan barang di wilayah Kota Palembang yang beroperasi di luar jam operasional yang diperbolehkan. 


"Pemerintah Kota Palembang juga kita minta segera melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan laik jalan kendaraan angkutan barang. Apabila perusahaan atau kendaraan angkutan barang tersebut masih melanggar ketentuan yang telah ditetapkan, maka akan dilakukan penindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya. (*)