Kelok 9 Longsor, Akses Sumbar - Riau Terputus, Antrean Kendaraan Capai 5 Km -->

Iklan Atas

Kelok 9 Longsor, Akses Sumbar - Riau Terputus, Antrean Kendaraan Capai 5 Km

Senin, 01 Mei 2023
Sebuah kendaraan nyaris tertimbun longsor.


Padang - Hujan lebat yang mengguyur daerah sekitar mengakibatkan, aksess lalu lintas Sumatera Barat-Riau terputus di Limapuluh Kota dekat Jembatan Layang Kelok 9 akibat longsor, Minggu (30/4/2023). 


Longsor akibat tingginya curah hujan menyebabkan material longsor menutupi badan jalan sehingga akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan. 


"Benar. Longsor tadi sekitar pukul 17.00 WIB sebelum jembatan Kelok 9 dari arah Payakumbuh. Akibatnya macet total," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol yang, Minggu (30/4/2023). 


Rahmadinol mengatakan, antrean kendaraan mencapai 5 kilometer dari arah Payakumbuh dan begitu sebaliknya dari arah Pekanbaru. 


"Antreannya panjang sampai 5 kilometer dari Payakumbuh. Karena jalur ini akses utama jalan Sumbar-Riau. Sekarang masa puncak arus balik," jelas Rahmadinol. 


Rahmadinol menjelaskan, material longsor menutupi badan jalan hampir sepanjang 30 meter dengan ketinggian satu meter lebih. 


"Longsornya cukup panjang sekitar 30 meter dengan ketinggian satu meter. Sekarang kita sedang upayakan membuka jalan," tutur Rahmadinol sebagaimana dikutip kompas.com. 


Menurut Rahmadinol, pihaknya masih menunggu datang alat berat dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar. 


"Sambil menunggu alat berat, kita bersama TNI, Polri, dan masyarakat berusaha membuka jalan dengan manual," jelas Rahmadinol.(*)