Keluarga Besar Unand, Aksi Bersih- bersih Sampah Pantai Padang -->

Iklan Atas

Keluarga Besar Unand, Aksi Bersih- bersih Sampah Pantai Padang

Minggu, 14 Mei 2023

 

.

Padang, fajarsumbar.com - Keluarga besar Civitas Universitas Andalas (Unand) menggelar jalan sehat sekaligus bersih-bersih di kawasan Pantai Padang, Minggu (14/05/2023).


Pada kegiatan ini, para peserta jalan sehat berkumpul di Kampus Fakultas Hukum Unand Jalan Pancasila, lalu mengitari Jalan Diponegoro, Hayam Wuruk hingga ke Jalan Samudera Pantai Padang.

Sampai di kawasan Pantai Padang para peserta jalan sehat mulai melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang pantai tersebut.

Menurut Rektor Unand, Prof. Yuliandri yang ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, jalan santai bukan fokus utama, namun lebih kepada kegiatan pengabdian masyarakat.

"Tak hanya jalan sehat, kita juga melakukan aksi bersih-bersih sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat," kata rektor.

Kegiatan ini, katanya, juga dalam rangka mengisi Bulan Merdeka Belajar yang dicanangkan Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi Repunlik Iindonesia (Mendikbud Ristek RI) dan juga sebagai momentum memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023.

Menurut Rektor, Merdeka Belajar bukan hanya slogan tetapi harus dibarengi dengan tindakan yang nyata.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat agar mendukung program pemerintah untuk memerdekakan 'Merdeka Belajar' yang juga dikampanyekan pada jalan sehat kali ini.

"Setiap jenjang pendidikan termasuk perguruan tinggi kita dorong untuk dapat melakukan aktifitas sosial dan pengabdian masyarakat yang dicanangkan oleh Mendikbud Ristek RI ini," ujar Yuliandri.

Memeriahkan acara tersebut, selain jalan sehat, panitia juga menyediakan door prize. Diketahui juga, tidak hanya di Unand, jalan sehat yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KemendikbudristekRI) ini diadakan serentak di seluruh Indonesia.

Di sisi lain jalan sehat ini, sebut Yuliandri, bermuara pada upaya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

"Dengan tubuh yang sehat tentunya kita akan lebih baik lagi dalam menjalankan tugas-tugas di dunia pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa," tuturnya.

Ia mengatakan melalui jalan sehat ini juga diharapkan dapat menguatkan ekosistem pendidikan dan kebudayaan. Serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam mewujudkan merdeka belajar yang berkelanjutan. (*)