Lalu Niqman Zahir Diajukan Sebagai Pj. Gubernur NTB Elemen Masyarakat Temui Ketua DPRD -->

Iklan Atas

Lalu Niqman Zahir Diajukan Sebagai Pj. Gubernur NTB Elemen Masyarakat Temui Ketua DPRD

Kamis, 25 Mei 2023
Elemen masyarakat saat menemui Ketua DPRD NTB, Kamis (24/5/2023).



Mataram, fajarsumbar.com - Berbagai perwakilan elemen masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengusulkan dan merekomendasikan penunjukan Lalu Niqman Zahir, Deputi Bidang Administrasi di Sekretariat Jenderal DPD RI, sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB.


Usulan ini muncul mengingat masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, H Zulkiefimansah—Hj Sitti Rohmi Djalillah, akan berakhir pada tanggal 19 September 2023 mendatang. Oleh karena itu, diperlukan seorang Pj Gubernur NTB untuk memimpin provinsi ini sampai terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang baru.


Dalam sebuah pertemuan dengan Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda, dan Wakil Ketua DPRD NTB, H Muzhir, di Ruang Rapat Pleno DPRD NTB, pada Kamis (25/5/2023), perwakilan elemen masyarakat menyampaikan bahwa Lalu Niqman Zahir memiliki kualifikasi yang baik sebagai putra daerah. Poin ini juga disampaikan oleh M Tajir Asyjar Djr, Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) NTB.


“Lalu Niqman Zahir adalah putra asli NTB dan sudah memenuhi syarat eselon satu. Selain itu, perjalanan karirnya tidak diragukan lagi, di mana ia telah meniti jenjang karir dari bawah hingga kini menjadi Deputi Bidang Administrasi di Sekretariat Jenderal DPD RI,” jelasnya.


Pendapat serupa juga disampaikan oleh perwakilan elemen masyarakat NTB lainnya, seperti Ketua dan Sekretaris APDESI NTB, Mastur dan Tajudin; Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB, Abdul Rasyid Zaenal; Ketua AKAD NTB, Syahril; Ketua Kaukus Muda Pulau Sumbawa, M Yunus Asfiah; MUI NTB, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda NTB.


“Kami menginginkan Penjabat Gubernur NTB untuk dua tahun ke depan adalah orang NTB yang mengenal betul kondisi NTB dan netral dalam menghadapi tahun politik 2024, sehingga tidak ada keberpihakan saat pemilihan gubernur. Kami berharap Lalu Niqman Zahir menjadi salah satu nama yang diusulkan sebagai Penjabat Gubernur NTB,” ujar Syahril sebagai Ketua AKAD NTB.


Ketua Kaukus Muda Pulau Sumbawa, M Yunus Asfiah menambahkan, Kaukus Muda Pulau Sumbawa mendukung Lalu Niqman Zahir sebagai Pj Gubernur NTB karena ia memenuhi persyaratan administratif yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan tentang penunjukan Pj Gubernur.


“Selain itu, Lalu Niqman Zahir adalah putra daerah yang sangat memahami kondisi sosial dan budaya masyarakat NTB. Selain itu, ia memiliki kemampuan dan kualifikasi dalam memimpin NTB, sebagaimana ditunjukkan oleh latar belakang karirnya dari jabatan Sekcam Gangga—KLU, hingga menjadi Deputi Bidang Administrasi di Sekretariat Jenderal DPD RI,” kata Yunus Asfiyah.


Yunus Asfiyah juga menilai bahwa Lalu Niqman Zahir memiliki keahlian dalam mengatur dan mengelola sistem administrasi pemerintahan, terutama dalam aspek tata kelola pemerintahan.


“Yang terpenting, Lalu Niqman Zahir memiliki kemampuan dalam membangun koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak, terutama dalam bidang pemerintahan dan organisasi sosial kemasyarakatan,” ujarnya.


Ketua DPRD NTB, Hj Isvie Rupaeda, saat menerima para pendukung Lalu Niqman Zahir, menyatakan bahwa aspirasi masyarakat akan diterima dan diteruskan.


“Kami akan menerima dan mengirimkan aspirasi bapak-ibu dalam rapat komisi yang membahas penunjukan Pj Gubernur NTB. Keputusan akan diambil melalui rapat paripurna DPRD NTB dan akan diajukan ke Presiden RI melalui Mendagri,” kata Ketua DPRD NTB, Hj Isvie Rupaeda.


Isvie menjelaskan bahwa ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang Pj Gubernur NTB, salah satunya adalah memenuhi persyaratan eselon satu. “Jika dari tiga orang yang diusulkan, ada satu orang yang paling baik dan memenuhi syarat, maka kita akan mengusulkan satu orang tersebut,” jelasnya.


Untuk diketahui, ada 33 orang perwakilan elemen masyarakat NTB yang membawa aspirasi tersebut ke DPRD NTB untuk menunjuk Lalu Niqman Zahir sebagai Pj Gubernur NTB, termasuk mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), H Arsyad Gani.


Berkas usulan dan rekomendasi dari berbagai elemen masyarakat NTB mengenai dukungan mereka terhadap Lalu Niqman Zahir sebagai Pj Gubernur NTB telah diserahkan dan diterima langsung oleh Ketua DPRD NTB, Hj Isvie Rupaeda, yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD NTB, H Muzihir.(Naldi)