Lawan Terkuat Erdogan di Pilpres Turki Ini Ancam Rusia, Ada Apa? -->

Iklan Atas

Lawan Terkuat Erdogan di Pilpres Turki Ini Ancam Rusia, Ada Apa?

Jumat, 12 Mei 2023

Kemal Kilicdaroglu menuduh Rusia menyebarkan fitnah tentang dirinya di media sosial jelang pilpres Turki



Istanbul- Kemal Kilicdaroglu, calon presiden (capres) Turki yang juga pesaing kuat Recep Tayyip Erdogan, menuduh Rusia menyebar fitnah terhadapnya jelang pemilihan presiden (pilpres). 


Turki akan menggelar pilpres dan pemilu legislatif (pileg) pada Minggu (14/5/2023). Kilicdaroglu menyebut Rusia bertanggung jawab terkait penyebaran konten palsu tentang dirinya di media sosial. Materi itu berbentuk montase, plot, dan lainnya.


"Jika Anda ingin persahabatan kita berlanjut setelah 15 Mei, tarik tangan Anda dari Turki. Kami masih mendukung kerja sama dan persahabatan," katanya, dalam cuitan, seperti dilaporkan kembali Reuters, Jumat (12/5/2023). Kilicdaroglu tak menyebut materi palsu yang dimaksud.


Sejauh ini belum ada komentar dari diplomat Rusia di Ankara maupun pejabat di Moskow soal tuduhan itu. Capres Turki lainnya, Muharrem Ince, mengumumkan mundur dari Pilpres Turki pada Kamis kemarin dengan alasan pembunuhan karakter terhadapnya. Dia menyebut banyak tuduhan palsu yang dialamatkan kepadanya di media sosial, sebagaimana dikutip iNews.id.


Bukan hanya Kilicdaroglu dan Ince, Erdogan juga menjadi sasaran kampanye hitam di media sosial, termasuk dalam bentuk video dan foto.(*)