Pasar Raya Padang Terbakar Hebat, 40 Kios Hangus Kerugian Miliaran Rupiah -->

Iklan Atas

Pasar Raya Padang Terbakar Hebat, 40 Kios Hangus Kerugian Miliaran Rupiah

Rabu, 17 Mei 2023
Petugas pemadam kebajaran berjibaku memadamkan api, Rabu (17/5/2023).


Padang – Pasar Raya Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terbakar hebat.Sedikitnya 40 kios hangus dimamah sijago merah, Rabu (17/5/2023). Kerugian ditaksir miliaran rupiah.


Kebakaran hebat melanda kawasan Pasar Raya Padang, tepatnya lapak pedagang yang berada di depan bangunan matahari lama. Kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 07.19 WIB.


Sumbber api masih dalam penyelidikan pihak terkait. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.


Kepala Bidang Operasional (Kabid Ops) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Sutan Hendra kepada wartawan mengatakan pihaknya menerima laporan masuk sekitar pukul 07.19 WIB.


“Saksi atas nama Afsah, salah seorang pedagang melihat api sangat besar dari dalam salah satu petak kios, kemudian saksi melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran,” terangnya.


Untuk menjinakkan sijago merah tersebut petugas menurunkan sedikitnya 10 armada pemadam kebakaran dengan lebih kurang 100 personel ikut berjibaku untuk memadamkan api.


“Kurang lebih 100 personel kita turunkan dan juga dibantu dari TNI, Polri, PMI, Satpol PP, Dinas Perdagangan dan Dishub Padang yang berada di lokasi,” sambungnya.


Akibat kejadian ini kurang lebih 40 kios PKL ludes jadi abu dengan perkiraan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.


Sekira 20 menit petugas berjibaku, akhirnya berhasil memadamkan sijago merah. Kondisi kios yang kebanyakan terbuat dari kayu, sehingga api dengan cepat menyebar dari satu kios ke kios yang lainnya. (ab)