Pemerintah Pusat Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Jambi, Dikerjakan Juli-Agustus -->

Iklan Atas

Pemerintah Pusat Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Jambi, Dikerjakan Juli-Agustus

Rabu, 17 Mei 2023

Presiden Jokowi meninjau jalan rusak di Jambi, Selasa (16/5/2023)



Jakarta - Pemerintah pusat mengambil alih perbaikan ruas jalan yang rusak di Provinsi Jambi. Perbaikan mulai dikerjakan pada Juli-Agustus 2023. "Tadi jalan produksi untuk nanas ke sana, benar, rusak, itu masuk akan kita mulai (perbaikan) nanti bulan Juli, bulan Agustus," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada awak media di sela-sela tinjauan di Jambi, Selasa (16/5/2023). 


Jokowi menjabarkan data yang dimilikinya bahwa di Jambi terdapat sepanjang 10.000 km jalan kabupaten/kota yang sekira 4.600 km di antaranya dalam kondisi rusak. Kemudian untuk jalan provinsi sepanjang 1.030 km, terdapat 250 km ruas jalan dengan kondisi rusak. Sedangkan 130 km dari total ruas jalan nasional sepanjang 1.300 km juga dalam kondisi rusak. 


Mantan Wali Kota Solo ini menegaskan bahwa perbaikan separuh dari jalan provinsi dan jalan kabupaten/kota yang rusak di Jambi akan ditangani oleh pemerintah pusat, terutama yang peruntukannya sebagai jalan logistik. "Yang namanya jalan logistik itu penting sekali, yang namanya jalan produksi itu sangat penting sekali, sehingga itu yang didahulukan, sebagaimana dikutip iNews.id.


Apalagi rusak parah harus segera dikerjakan," ujar Jokowi. Dia juga mengingatkan bahwa tindakan serupa diberlakukan tidak hanya untuk di Jambi, tetapi juga di provinsi-provinsi yang lain demi menjaga kondisi ruas jalan dengan peruntukan produksi dan logistik. 


Turut mendampingi Presiden Jokowi saat meninjau ruas jalan Kota Jambi-Sungai Gelam yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi Al Haris, serta Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah.