Pemkab Tanah Datar Kunjungi Kemenhub Bahas Jalan Rawan Laka Lantas di X Koto -->

Iklan Atas

Pemkab Tanah Datar Kunjungi Kemenhub Bahas Jalan Rawan Laka Lantas di X Koto

Sabtu, 20 Mei 2023

Pemkab Tanah Datar bersama Pimpinan DPRD Anton Yondra kunjungi Kemenhub RI

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Menyikapi sering terjadinya kecelakaan lalu-lintas beruntun di jalan nasional, tepatnya di Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama Pimpinan DPRD, temui Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI di Jakarta. 


Pemkab Tanah Datar mengusulkan beberapa kebutuhan dan perlengkapan, yang akan dipasang di jalan penghubung Padang-Bukittinggi tersebut. Diantaranya rambu peringatan, rest area, hingga sarana tempat tanjakan darurat, bagi kendaraan yang mengalami rem blong.


"Kita telah usulkan beberapa kebutuhan dan perlengkapan, yang akan dipasang di jalan nasional tepatnya di Nagari Panyalaian, yang sering terjadi kecelakaan beruntun," kata Kepala Dinas Perhubungan Tanah Datar Nusyirwan, kemaren melalui pesan WhatsApp. 


Nusyirwan menjelaskan, terkait dengan usulan ke Dirjen Perhubungan Darat tersebut, untuk sarana tempat tanjakan darurat pada kendaraan yang mengalami rem blong, direncanakan disediakan disebelah kiri jalan, atau di lahan rel kereta api. "Karena kondisi rel tersebut tidak aktif, untuk itu dimohonkan bantuan Dirjen Perhubungan Darat, untuk mengkoordinasikannya dengan Ditjen Perkeretaapian," ujarnya. 


"Karena lokasi tersebut juga memakai lahan kereta api, secara lisan juga diusulkan pembuatan rest area, sebagai lokasi istirahat bagi sopir dan pendinginan rem truk dan bus, sebelum penurunan tajam itu dimulai," ungkap Kadishub. 


Nusyirwan juga mengusulkan, untuk mengaktifkan kembali jembatan timbang, guna memeriksa kelengkapan surat dan kondisi kelayakan kendaraan dan muatan, sebelum melewati jalan di Panyalaian. Selain itu juga melakukan razia terpadu antara Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah III Sumbar, Dishub Tanah Datar dan Kepolisian, dalam mewujudkan zero ODOL (Over Dimensi Over Load).


"Terakhir, kita juga mengusulkan kebutuhan rambu jalan, dalam rangka meminimalisir kemacetan pada ruas jalan nasional, di Pasar Rabaa, Kecamatan X Koto," pungkas Nusyirwan. (F12)