Pemnag Kambang Kembali Aktifkan Kesenian Anak Nagari -->

Iklan Atas

Pemnag Kambang Kembali Aktifkan Kesenian Anak Nagari

Senin, 15 Mei 2023
.


Painan, Fajar Sumbar.com - Walinagari Kambang, Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan, Nisrita juniva SE.M.Si laksanakan Rembuk Nagari, untuk mengaktifkan kembali kesenian nagari, Senin (15/5/2023).


Kesenian nagari sempat vakum, karena dilanda badai Covid-19.


Acara yang diadakan di ruang pertemuan KAN Kambang dihadiri Walinagari Kambang beserta perangkat, ketua Bamus dan anggota, Ketua KAN Kambang, Kepala Kampung se-Nagari Kambang dan pelaku seni di Nagari Kambang.


Misrita mengatakan kegiatan seni anak nagari sangat penting agar budaya dan kesenian tradisional seperti randai,tari gelombang dan tari piring yang selama ini menjadi ikon nagari tidak punah di telan zaman.


Apalagi di era modern ini banyak sekali budaya baru yang datang dari luar yang semakin banyak diminati oleh generasi muda.


Ketua Bamus Nagari Kambang Edward, mengingatkan dengan berakhirnya masa pandemi Covid-19 maka seluruh kegiatan yang tadinya tidak bisa di laksanakan.


Sekarang sudah bisa di mulai walaupun dengan anggaran yang terbatas. Hal ini bisa di kalaborasikan dengan bidang seni budaya yang ada di dalam organisasi KAN Kambang 


Sanggar Seni Sepakat Tua yang sudah ada di Nagari Kambang yang selama ini juga tidak diaktifkan kembali dengan merombak pengurus. (Wandi)