Pertama Kali, Israel Gunakan Sistem Pertahanan David Sling Tangkis Ratusan Roket Gaza -->

Iklan Atas

Pertama Kali, Israel Gunakan Sistem Pertahanan David Sling Tangkis Ratusan Roket Gaza

Kamis, 11 Mei 2023

Israel untuk pertama kali menggunakan sistem pertahanan udara David Sling hadapi roket-roket dari Gaza 



Tel Aviv  - Israel untuk pertama kali menggunakan sistem pertahanan udara David Sling, Rabu (10/5/2023). Rudal-rudalnya digunakan untuk menangkis serangan roket dari Jalur Gaza.  Pejuang Gaza dilaporkan menembakkan setidaknya 270 roket ke berbagai wilayah Israel pada Rabu kemarin.


Dua sumber militer Israel mengatakan kepada Reuters, David Sling memulai tugas perdananya, namun tak memberikan keterangan lebih lanjut, sebagaimana dikutip iNews.id.


David Sling merupakan bagian dari perisai pertahanan Israel, selain Iron Dome yang digunakan sejak lama serta Arrow-2 dan Arrow-3. Sistem pertahanan terbaru ini dirancang untuk merontokkan roket dalam radius 100 hingga 200 km.


Selama ini publik lebih mengenal Iron Dome yang digunakan Israel untuk mencegat roket-roket dari Gaza maupun negara lain. Sementara Arrow disiapkan untuk menangkis kemungkinan serangan rudal Iran yang lebih canggih. 


David Sling dikembangkan dan diproduksi Rafael Advanced Defense Systems, perusahaan milik pemerintah Israel bekerja sama dengan perusahaan pertahanan Amerika Serikat (AS) Raytheon. Sistem pertahanan udara ini juga dirancang untuk mencegat rudal jelajah.(*)