Pilpres Turki, Capres Tersingkir Sinan Ogan Pastikan Dukung Erdogan di Putaran Ke-2 -->

Iklan Atas

Pilpres Turki, Capres Tersingkir Sinan Ogan Pastikan Dukung Erdogan di Putaran Ke-2

Selasa, 23 Mei 2023

Recep Tayyip Erdogan mendapat dukungan cari capres Turki yang tersingkir Sinan Ogan dalam pilpres putaran kedua.



Ankara- Sinan Ogan, calon presiden (capres) Turki yang tersingkir berdasarkan hasil pilpres 14 Mei, memberikan dukungannya untuk Recep Tayyip Erdogan. Ogan tersingkir dalam perebutan kursi presiden Turki untuk 5 tahun mendatang setelah hanya mendapat 5,2 persen atau berada di peringakat ketiga. 


Sementara itu Erdogan mendapat 49,5 persen suara dan pesaing terdekatnya, Kemal Kilicdaroglu mengantongi 44,8 persen. Tak ada satu pun capres mendapat suara di atas 50 persen, pilpres Turki harus berlanjut ke putaran kedua yang berlangsung pada 28 Mei mendatang.


Suara Ogan pun menjadi rebutan antara Erdogan dan Kilicdaroglu. Namun Ogan telah memutuskan akan memberikan dukungan kepada Erdogan. "Saya menyatakan, kami akan mendukung calon Aliansi Rakyat, Recep Tayyip Erdogan, di putaran kedua pemilihan presiden," kata Ogan, Senin (21/5/2023), dikutip dari Anadolu.


Dia lalu menyerukan kepada para pendukungnya untuk memilih Erdogan dalam pilpres Turki putaran kedua. "Kami melakukan semua jenis konsultasi sebelum membuat keputusan terakhir. Kami mengambil keputusan ini karena percaya bahwa keputusan ini tepat untuk negara dan bangsa kita," ujarnya, menegaskan.


Aliansi Rakyat yang dipimpin Erdogan juga memenangkan kursi mayoritas di parlemen. Jika terpilih untuk periode selanjutnya, kemenangan Erdogan menjadi lengkap. Erdogan akan mendapat dukungan dari parlemen dalam kebijakan pemerintahannya, sebagaimana juga dikutip iNews.id.(*)